Fuady, Reinaldy Luthfi and Abadi, Agus Maman (2018) APLIKASI MODEL WAVELET – FUZZY SYSTEM UNTUK PREDIKSI BANYAK PENUMPANG KERETA API DAOP VI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (840kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118kB) | Preview |
Abstract
Kereta api adalah salah satu sarana transportasi angkutan umum yang ramai digunakan, transportasi merupakan suatu kebutuhan penting untuk masyarakat dalam beraktifitas. Dalam menunjang peningkatan kualitas transportasi umum dibutuhkan suatu analisi berupa prediksi banyak penumpang kedepannya. Salah satu model yang dapat digunakan untuk memprediksi banyak penumpang kereta api adalah wavelet-fuzzy system. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi banyak penumpang kereta api di DAOP VI Yogyakarta menggunakan wavelet-fuzzy system dan mendeskripsikan tingkat keakuratan model dalam memprediksi banyak penumpang kereta api. Pemodelan wavelet-fuzzy System Takagi Sugeno Kang (TSK) orde satu diawali dengan transformasi data banyak penumpang kereta api kedalam transformasi wavelet. Dilakukan pembagian data traning dan dan testing. Data traning digunakan sebagai pembentuk sistem, sedangkan data testing adalah data yang akan diuji mmenggunakan sistem yang telah dibentuk pada data traning. Untuk membentuk sistem pada traning ditentukan variabel input dan output dengan menggunakan Autocorrelation Function (ACF) dan Parcial Autocorrelation Function (PACF). Selanjutnya dibentuk fungsi keanggotaan fuzzy pada himpunan tegas, proses ini disebut fuzzifikasi. Nilai fuzzy yang terbentuk kemudian akan mejadi sebuah rule. Rule tersebut nantinya akan menghasilkan output suatu SPL untuk menyelesaikan SPL yang didapatkan digunakan Dekomposisi Nilai Singular (DNS). Kemudian dilakukan defuzzifikasi untuk mendapatkan hasil prediksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa prediksi banyak penumpang kereta api dengan wavelet - fuzzy system dengan input berupa lag 1 dan lag 2 mendapatkan hasil MAPE dan MSE untuk data traning dan testing berturut turut adalah 9,08%, 3,2137
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 23 Apr 2018 04:07 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56622 |
Actions (login required)
View Item |