Khoirudin, Khoirudin and Rizkianto, Ilham (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING YANG MENGACU PADA LEARNING TRAJECTORY YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. S1 thesis, FMIPA.
|
Text
BAB 1.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (76kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan problem based learning yang mengacu pada learning trajectory yang berorientasi pada kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menekankan pada dugaan respon siswa dan alternatif respon guru sehingga dapat memfasilitasi kemampuan siswa yang beragam. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran dengan pendekatan problem based learning yang mengacu pada learning trajectory. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa dan angket respon guru untuk mengukur kepraktisan, serta tes kemampuan penalaran matematis untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini adalah RPP dan LKS dengan pendekatan problem based learning yang mengacu pada learning trajectory. Berdasarkan hasil penilaian kevalidan, RPP memenuhi kriteria sangat valid dengan perolehan skor 4,27 pada skala 5. Sedangkan LKS memenuhi kriteria valid dengan perolehan skor 4,05 pada skala 5. Berdasarkan hasil penilaian kepraktisan, perangkat pembelajaran memenuhi kriteria sangat praktis dengan perolehan skor angket respon siswa 3,38 pada skala 4 dan angket respon guru 3,73 pada skala 4. Berdasarkan penilaian keefektifan dari tes kemampuan penalaran matematis diperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 88 dan siswa yang memperoleh nilai minimal pada kategori “baik” sebesar 91%. Keefektifan perangkat pembelajaran pada kemampuan penalaran matematis didukung oleh one sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran, problem based learning, learning trajectory, kemampuan penaralan matematis |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 23 Apr 2018 03:59 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56621 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |