LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Yuni Wulansari, Yuni Wulansari (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. LAPORAN PLT SAREK LPPMP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kegiatan untuk mengasah kemampuan mahasiswa sebagai calon pendidik. PLT juga bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang kompetensi yang harus dimiliki calon guru. Untuk menjadi guru yang profesional dan mampu mengemban tugas dengan baik didapat melalui pengalaman, salah satunya melalui PLT. Di harapkan dengan PLT dapat menghasilkan calon pendidik yang memiliki kompetensi lulusan profesional. Kegiatan PLT yang dilaksanakan pada periode 18 September 2017 - 18 November 2017 bertempat di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Adapun jumlah mahasiswa yaitu sembilan orang, terdiri atas tujuh mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Biasa dan dua mahasiswa dari jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Sebelum pelaksanaan PLT, terlebih dahulu dilakukan pembekalan kegiatan dan observasi sekolah yang bersangkutan. Selama PLT mahasiswa mengikuti kegiatan Mengajar dan non-mengajar. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 26 kali, yaitu 15 kali praktik mengajar terbimbing di kelas 3 SDLB C1 dan 3 SDLB C, dan 11 kali praktik mengajar mandiri di kelas 3 SDLB C1, 3 SDLB C, 6 SDLB C dan 7 SDLB C. Sedangkan kegiatan non-mengajar seperti ektrakurikuler, keterampilan, dan kegiatan sekolah lainnya. Berbagai manfaat yang didapat mahasiswa diantaranya mengembangkan pengalaman belajar dan keterampilan sebagai pendidik peserta didik dan sebagai pendidik di suatu lembaga pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, pelaksanaan PLT, kegiatan mengajar, kegiatan non-mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Apr 2018 00:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56616

Actions (login required)

View Item View Item