LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Isna Fauzia Chairunnisa, Isna Fauzia Chairunnisa (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Isna Fauzia Chairunnisa 14103241008.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Program PLT adalah kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing yang bertujuan mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/ pendidik atau tenaga kependidikan. Sebagai dasar pengembangan program PLT mahasiswa dibimbing oleh dosen pembimbing dan guru pembimbing yang dilatih serta mempunyai kualifikasi sebagai pembimbing PLT. Pelaksanaan PLT dikelola oleh PP PLT & PKL dibawah koordinator LPPMP UNY dan bersinergi dengan sekolah, lembaga, klub maupun instansi yang berada di beberapa kabupaten di DIY dan Propinsi Jawa Tengah. PLT dilaksanakan di SLB A Yaketunis oleh 9 mahasiswa Pendidikan Luar Biasa kekhususan tunanetra pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Persiapan PLT dilakukan dengan melaksanakan observasi dan penyusunan program kerja berdasarkan kebutuhan sekolah dan disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa. Terdapat dua kegiatan pokok dalam PLT yaitu kegiatan kokurikuler dan ekstra-kurikuler. Kegiatan ko-kurikuler adalah praktik mengajar sebanyak 8 kali yang dilakukan oleh setiap mahaiswa, dengan kelas dan mata pelajaran yang berbeda. Mahasiswa diperkenankan membantu mengajar di kelas apabila ada guru yang berhalangan hadir. Kegiatan ekstrakurikuler terdiri dari pemeliharaan perpustakaan, apel pagi, pramuka, upacara bendera hari Senin, upacara peringatan Hari Besar Nasional, latihan bernyanyi, lomba memperingati Hari Pahlawan Nasional dan kegiatan melengkapi administrasi sekolah. Administrasi sekolah yang perlu dilengkapi antara lain: pembuatan jadwal pelajaran kelas, pembuatan mading berkonten jadwal mata pelajaran tiap kelas, tata tertib sekolah, biodata guru dan siswa, penjilidan buku kurikulum Braille. Selain kegiatan yang telah direncanakan, mahasiswa juga melaksanakan kegiatan insidental yaitu mengikuti Sosialisasi Program Kerja OSIS, kegiatan PRB (Pengurangan Resiko Bencana, Kunjungan dari lembaga lain, Pendampingan olahraga murid, Relawan pembuatan artikel dan media pembelajaran proyek kerja guru dan kegiatan ziarah. Berdasarkan hasil kegiatan PLT dapat disimpulkan manfaat bagi mahasiswa yaitu memperoleh pengalaman tentang cara berfikir secara interdisipliner, mampu mengatasi permasalahan pembelajaran, serta memberikan pengalaman langsung berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran siswa tunanetra di SLB A Yaketunis. Mahasiswa mengetahui berbagai hal yang harus dilakukan di sekolah selain sebagai pendidik, yaitu melaksanaan administrasi sekolah, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, dan pendampingan kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Tunanetra, SLB A Yaketunis, PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Apr 2018 02:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56570

Actions (login required)

View Item View Item