LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Emiliya Meinawati, Emiliya Meinawati (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14108241165_EMILIYA MEINAWATI_PGSD_PSD_FIP_SD N TUKANGAN (A034).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan bagian dari kurikulum di Universitas Negeri Yogyakarta bagi mahasiswa dengan jurusan kependidikan. Praktik lapangan Terbimbing (PLT) terintegrasi dalam mata kuliah Magang Kependidikan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa. Program PLT ini dilaksanakan sebagai sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuannya dalam bidang pendidikan maupun sebagai upaya persiapan untuk terjun di masyarakat. Kegiatan PLT dilaksanakan di SD Negeri Tukangan Yogyakarta dimulai dari tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Kegiatan utama yang dilakukan dalam PLT ini adalah 8 kali mengajar di kelas dan 2 kali ujian praktek mengajar. Program PLT diawali dengan observasi baik secara fisik dan non fisik yang meliputi kelengkapan sekolah, perangkat pembelajaran, dan kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan observasi dilakukan perancangan program kerja yang dibentuk dalam matriks. Rancangan program kerja meliputi praktek mengajar terbimbing dan mandiri, pengembangan media dan alat evaluasi, mempelajari administrasi guru, membantu pelaksanakan kegiatan di sekolah, pembuatan slogan, pembuatan permainan tradisional dan tangga satuan, serta kegiatan lain yang menunjang kompetensi mengajar. Kegiatan dalam PLT mencakup kegiatan praktek mengajar dan kegiatan non mengajar dalam rangka menyiapkan mahasiswa agar menjadi tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan Praktik Mengajar merupakan program utama dalam PLT. Kegiatan ini terdiri dari perencanaan praktik mengajar, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelaksanaan praktik mengajar dilakukan 10 kali yang terdiri dari 4 kali mengajar terbimbing, 4 kali mengajar mandiri dan 2 kali ujian mengajar. Pelaksanaan praktik mengajar dilakukan di kelas rendah dan kelas tinggi secara seimbang. Kegiatan non mengajar mahasiswa PLT merupakan program kerja yang bersifat penunjang. Semua program kerja yang sudah dirancang dapat berjalan sesuai dengan rencana walaupun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan. Hambatan tersebut diantaranya adalah kesulitan dalam pengkondisian siswa yang disebabkan karena perbedaan individual antar siswa. Hambatan tersebut menjadikan suasana pembelajaran kurang kondusif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Pelaksanaan PLT, SD N Tukangan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Apr 2018 00:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56566

Actions (login required)

View Item View Item