Efektivitas Pembelajaran Menggunakan E-Learning: Sebuah Meta-Analisis Tesis

Yuwono, Kadarisman Tejo (2018) Efektivitas Pembelajaran Menggunakan E-Learning: Sebuah Meta-Analisis Tesis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kadarisman tejo yuwono-11702251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

E-learning sudah banyak dikembangkan dan diterapkan dalam sistem pembelajaran. Banyak penelitian yang telah dilakukan tentang pengaruh e-learning terhadap hasil belajar siswa. Beberapa penelitian mengatakan bahwa e-learning itu berpengaruh terhadap hasil belajar, dan beberapa penelitian menyatakan elearning itu tidak berpengaruh terhadap hasil belajar. Berdasarkan perbedaan hasil tersebut, maka perlu dilakukan analisis terhadap hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan untuk memperoleh informasi yang lebih rinci tentang pengaruh e-learning dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mencari: (1) besaran efek dari semua penelitian sejenis yang digunakan, (2) membandingkan semua besaran efek tersebut, (3) menghitung besaran efek gabungan yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan 21 studi dengan metode eksperimen dan parameter analisis yang bervariasi. Beberapa studi menggunakan pretest saja dan beberapa studi yang lain menggunakan pretest-posttest. Parameter yang digunakan dalam analisis yaitu nilai t, standar deviasi, rerata, p, dan jumlah sampel. Semua parameter tersebut digunakan dalam meta-analisis untuk menghitung besaran efek (effect size). Untuk menggabungkan semua besaran efek yang didapat dari masing-masing studi diperlukan pembobotan (weighting). Hal ini dilakukan sebagai koreksi terhadap kesalahan yang terjadi pada masing-masing studi. Tes heterogenitas juga dilakukan untuk dapat menggabungkan hasil besaran efek dan untuk mengetahui apakah sampel dari 21 studi tersebut homogen. Sedangkan untuk mengetahui bias publikasi digunakan funnel plot. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran menggunakan e-learning bisa diterima. Hal ini didukung dengan nilai besaran efek gabungan sebesar 0,62 dan batas interval kepercayaan 0,43 - 0,80. Tes heterogenitas menghasilkan I 2 64,16%, berarti data penelitian heterogen. Dengan demikian penelitian ini tidak dapat digeneralisasi. Selain itu ada kecenderungan terjadi bias publikasi sehingga perlu penelitian lebih lanjut untuk hal ini. Keywords: E-Learning, Meta-analisis, Besaran efek, Heterogenitas.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Apr 2018 07:28
Last Modified: 19 Aug 2022 00:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56555

Actions (login required)

View Item View Item