ANALISIS SENSITIVITAS MODEL EPIDEMI SIR (SUSCEPTIBLE, INFECTIOUS, RECOVERED) PADA PENYEBARAN PENYAKIT TUBERCULOSIS DI YOGYAKARTA

Pambudi, Navila Teguh and Lestari, Dwi (2018) ANALISIS SENSITIVITAS MODEL EPIDEMI SIR (SUSCEPTIBLE, INFECTIOUS, RECOVERED) PADA PENYEBARAN PENYAKIT TUBERCULOSIS DI YOGYAKARTA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penyakit Tuberculosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Penyakit ini merupakan penyakit menular, sehingga perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk menganalisa pola penyebaran penyakit Tuberculosis. Penelitian ini difokuskan pada analisis sensitivitas dari bilangan reproduksi dasar dan titik endemik kelas infected untuk mengetahui parameter-parameter mana dari model yang berpengaruh terhadap penyebaran penyakit Tuberculosis. Tahapan yang dilakukan untuk menganalisis kesensitivitasan setiap parameter adalah dengan mencari indeks sensitivitas menggunakan rumus indeks sensitivitas normalisasi, kemudian dengan mensubstitusikan nilai awal yang diberikan ke dalam persamaan indeks sensitivitas maka dapat diketahui seberapa besar pengaruh dari setiap parameter terhadap penyebaran Tuberculosis, serta melalui analisis numerik dengan melakukan simulasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa parameter yang paling berpengaruh terhadap bilangan reproduksi dasar adalah laju penularan, artinya menurunnya laju penularan menyebabkan menurunnya nilai bilangan reproduksi dasar, sehingga membantu menekan penyebaran penyakit Tuberculosis. Selanjutnya diikuti laju kematian akibat Tuberculosis, diikuti laju kematian alami, dan diikuti laju individu sembuh setelah terinfeksi Tuberculosis. Sementara itu, parameter yang paling berpengaruh terhadap titik endemik kelas infected adalah banyaknya kelahiran populasi, artinya untuk dapat mengurangi jumlah individu terinfeksi dalam populasi maka banyaknya kelahiran harus kecil, dengan kata lain perlu intervensi yang dilakukan untuk mengurangi banyaknya kelahiran individu. Selanjutnya diikuti laju kematian yang disebabkan oleh penyakit Tuberculosis, diikuti laju kematian alami, diikuti laju penularan penyakit Tuberculosis, dan diikuti laju individu sembuh setelah terinfeksi Tuberculosis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tuberculosis, analisis sensitivitas, Maple 16, laju penularan, banyaknya kelahiran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 18 Apr 2018 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 16:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56554

Actions (login required)

View Item View Item