Hidayah, Fitri Nur and Wijaya, Aryadi (2018) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA TOPIK ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, FMIPA.
|
Text
BAB I.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa dan motivasi belajar siswa kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pleret yang terdiri dari 224 siswa. Dari tujuh kelas yang ada, dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII D sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan kelas VII F sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur pemahaman konsep, angket motivasi belajar, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan dua cara yakni: 1) One sample t-test digunakan untuk menyelidiki keefektifan pembelajaran matematika realistik dan pembelajaran saintifik; dan 2) Multivariate Analysis of Variance (Manova), digunakan untuk menyelidiki perbedaan keefektifan antara pembelajaran matematika realistik dan pembelajaran saintifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik dengan topik aritmetika sosial efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar siswa SMP kelas VII; (2) Pembelajaran matematika melalui pendekatan saintifik dengan topik aritmetika sosial efektif ditinjau dari motivasi belajar tetapi tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa SMP kelas VII; (3) Pembelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik lebih efektif dibandingkan pembelajaran melalui pendekatan saintifik ditinjau dari pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar siswa SMP kelas VII.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Matematika Realistik, Pendekatan Saintifik |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 18 Apr 2018 01:51 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |