Evaluasi Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMK Kabupaten Sleman

Pambudi, Sigit (2018) Evaluasi Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMK Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
hal 1-90.swf

Download (1MB)
[img] Text
91-189.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:(1) variabel konteks yaitu kondisi program penyusunan administrasi guru berupa RPP;(2) variabel input yaitu sarana prasarana, sumber daya manusia, dan materi program program penyusunan administrasi guru berupa RPP;(3) variabel proses yaitu pelaksanaan program penyusunan administrasi guru berupa RPP;(4) variabel produk yaitu RPP buatan guru dalam program penyusunan administrasi guru berupa RPP dan kemampuan mengajar guru dalam program penyusunan administrasi guru berupa RPP pada MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model CIPP. Populasi penelitian adalah 59 anggota MGMP Bahasa Indonesia SMK Kabupaten Sleman yang aktif terlibat dan seluruh peserta didik SMK Kabupaten Sleman yang diajar oleh angota MGMP tersebut. Sampel guru ditentukan menggunakan teknik total sampling berjumlah 59 anggota dan sampel peserta didik menggunakan teknik Proportionate Random Sampling berjumlah 375 peserta didik. Validitas dalam penelitian ini menggunakan validitas isi dan validitas konstruk, sedangkan reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan Alpha Cronbach dan reliabilitas konstruk. Pengumpulan data menggunakan angket, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) komponen konteks program penyusunan administrasi guru MGMP Bahasa Indonesia meliputi: perancangan program, kegunaan program, dan hambatan program memiliki kategori baik sebesar 35,59%;(2) komponen input program penyusunan administrasi guru MGMP Bahasa Indonesia meliputi: sarana prasarana, materi, dan instruktur kategori baik sebesar 40,67%;(3) komponen proses program penyusunan administrasi guru MGMP Bahasa Indonesia meliputi: pemaparan materi, diskusi dan tanya jawab, dan pembuatan RPP memiliki kategori baik sebesar 44,07%;(4) komponen produk program penyusunan administrasi guru MGMP Bahasa Indonesia berupa RPP buatan guru memiliki kategori baik sebesar 42,37 dan kemampuan guru mengajar memiliki kategori baik sebesar 49,15%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa program penyusunan administrasi guru secara umum sudah baik, saran yang bisa diajukan adalah kualitas program lebih ditingkatkan dengan memperbaiki kekurangan pada program tersebut. Kata Kunci: evaluasi program, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Komponen.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Apr 2018 06:15
Last Modified: 09 May 2019 08:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56543

Actions (login required)

View Item View Item