LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Nadia Nur Fauziyyah, Nadia Nur Fauziyyah (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14108241152_NADIA NUR FAUZIYYAH_PGSD_PSD_FIP_SD N TUKANGAN (A034).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) atau yang biasa disebut Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu program yang dilaksanakan dalam bentuk praktik pembelajaran dan pengelolaan sekolah secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi guru. PLT merupakan bagian yang integral dari keseluruhan kurikulum, dan merupakan muara dari seluruh kegiatan akademik bidang kependidikan. Kegiatan tersebut berfungsi untuk mengorganisasi, mengkoordinasi dan mengembangkan penyelenggaraan program praktik kependidikan dan keguruan. Selain itu, kegiatan PLT juga dimaksudkan untuk memberikan pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, memahami seluk-beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. PLT dilaksanakan di SD Negeri Tukangan yang beralamat diJl. Suryopranoto No. 59, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Pelaksanaan PLT diawali dengan kegiatan observasi baik fisik maupun nonfisik yang meliputi perangkat pembelajaran, pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan kondisi sekolah. Setelahdiadakan observasi maka dapat disusun program kerja yang berkaitan dengan siswa maupun sekolah itu sendiri. Tetapi dalam pelaksanaannya tidak lepas dari beberapa hambatan yang dialami oleh mahasiswa.Hambatan tersebut diantaranya pengkondisian kelas yang cukup sulit dikarenakan siswa yang memiliki karakteristik luar biasa dan sangat aktif, dan penghambat lain baik yang bersumber dari mahasiswa maupun sekolah. Di luar kendala tersebut, ada banyak kemudahan dan manfaat yang kita peroleh berdasarkan pelaksanaan PLT di SD N Tukangan yang berjalan lancar. Manfaat tersebut antara lain, mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi mengajarnya sebagai calonpendidik atau tenaga kependidikan. Selain itu, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yangterkait dengan proses pembelajaran maupun administrasi sekolah, memberikankesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan,keterampilan, dan nilai sikap yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata disekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNYdengan sekolah terkait, yaitu SD N Tukangan. Melalui kegiatan PLTdapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuandan keterampilan yang telah diperoleh selama perkuliahan ke dalam pembelajarandi sekolah. Mahasiswa juga dapat memahami karakteristik peserta didik,menguasai bidang studi, menguasai metodologi pembelajaran yang mendidik, dandapat mengembangkan kepribadian sebagai guru. Dalam program PLT ini mahasiswa memiliki program yang terdiri dari Program Mengajar dan Program Non Mengajar. Program Mengajar yang merupakan program utama mahasiswa praktikan. Program mengajar terdiri dari mengajar terbimbing, mengajar mandiri, ujian mengajar. Mahasiswa melaksanakan program mengajar di kelas rendah dan juga kelas tinggi. Sedangkan Program Non Mengajar merupakan program kerja yang bersifat penunjang pelaksanaan PLT.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SD N Tukangan, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Apr 2018 02:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56535

Actions (login required)

View Item View Item