LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Ayunentyas, Laras Dita (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14108241111_Laras Dita Ayunentyas.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau yang saat ini disebut Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah salah satu program yang dilaksanakan dalam bentuk praktik pembelajaran dan pengelolaan sekolah secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi guru. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing berfungsi untuk mengorganisasi, mengkoordinasi dan mengembangkan penyelenggaraan program praktik kependidikan dan keguruan. Selain itu, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk memberikan pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, memahami seluk-beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. PLT dilaksanakan di SD Negeri Tukangan yang beralamat di Jl. Suryopranoto No. 59, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, baik observasi lingkungan fisik maupun nonfisik yang meliputi perangkat pembelajaran, pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), karakteristik siswa dan kondisi sekolah, dapat disusun program kerja yang berkaitan dengan siswa maupun sekolah itu sendiri. Progra kerja tersebut tergolong ke dalam dua jenis, yaitu kegiatan mengajar dan non mengajar. Dalam kegiatan mengajar, mahasiswa dituntut untuk dapat melaksanakan praktik sebanyak 8 kali dan 2 kali ujian. Sedangkan kegiatan non mengajar seperti pembuatan media tangga ukuran, sloganisasi, pembuatan lapangan permainan tradisional, pembuatan/membantu menyelesaikan administrasi sekolah maupun guru, dan lain-lain. Seluruh program kerja yang telah direncanakan dan disusun tersebut dapat terlaksana degan lancar. Meski demikian, dalam pelaksanaannya pasti tidak lepas dari beberapa hambatan. salah satu contoh hambatan tersebut berupa pengkondisian kelas yang cukup sulit dikarenakan siswa yang memiliki karakteristik luar biasa dan sangat aktif, dan beberapa penghambat lain baik yang bersumber dari mahasiswa maupun sekolah. Di luar kendala tersebut, masih ada banyak kemudahan dan manfaat yang kita peroleh dari pelaksanaan PLT di SD N Tukangan ini. Manfaat tersebut antara lain, mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi mengajarnya sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Selain itu, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran maupun administrasi sekolah, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata disekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNYdengan sekolah terkait, yaitu SD N Tukangan. Melalui kegiatan PLT pula dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama perkuliahan ke dalam pembelajaran di sekolah. Mahasiswa juga dapat memahami karakteristik peserta didik, menguasai bidang studi, menguasai metodologi pembelajaran yang mendidik, dan dapat mengembangkan kepribadian sebagai guru.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SD N Tukangan, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Apr 2018 01:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56532

Actions (login required)

View Item View Item