Kusumas Tuti, Ajeng Narulita (2017) Identifikasi Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah Inklusi SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo. S1 thesis, FMIPA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (156kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
PDF BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
PDF BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
PDF BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
PDF BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembelajaran biologi di sekolah inklusi SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo; (2) macam-macam macam kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran biologi di sekolah inklusi SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-fenomenologis dengan metode deskriptif. Data diperoleh dengan melakukan: (1) observasi pelaksanaan pembelajaran, (2) wawancara dengan guru biologi, (3) studi dokumen. Teknik analisis data dengan membuat transkrip hasil wawancara kemudian melakukan reduksi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran di kelas inklusi, guru melakukan beberapa modifikasi dalam penyampaian materi di kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus, dan pembelajaran di kelas berlangsung kondusif serta siswa baik yang berkebutuhan khusus maupun yang tidak berkebutuhan khusus terlibat aktif; (2) kesulitan yang dialami oleh guru biologi dalam pembelajaran di kelas inklusi yaitu: (a) bersumber dari siswa karena berbeda jenis kebutuhan khusus yang dimiliki siswa maka penanganan dalam mengajar di kelas juga akan berbeda, (b) bersumber dari lingkungan sekolah dan sarana prasarana sekolah yaitu sebagian besar guru belum pernah mengikuti diklat/pelatihan untuk menangani siswa yang berkebutuhan khusus dan mengajar di kelas inklusi serta guru kesulitan karena keterbatasan jumlah guru pendamping khusus yang membantu guru dalam mendampingi siswa yang berkebutuhan khusus dalam pembelajaran di kelas, (c) bersumber dari guru yaitu guru tidak memiliki kemampuan khusus tentang bagaimana cara menangani siswa yang berkebutuhan khusus sehingga hanya ditangani sesuai kemampuan guru saja, (d) bersumber dari perangkat pembelajaran yaitu guru harus beradaptasi dengan pergantian kurikulum dari KTSP menjadi kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesulitan guru, pembelajaran biologi, sekolah inklusi, siswa berkebutuhan khusus |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Biologi FMIPA |
Date Deposited: | 18 Apr 2018 01:25 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56502 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |