ANALISIS JALUR TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEHATAN MASYARAKAT DI INDONESIA BERDASARKAN INDONESIAN FAMILY LIFE SURVEY (IFLS)

Nurmawati, Widya Putri and Kismiantini, Kismiantini (2018) ANALISIS JALUR TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEHATAN MASYARAKAT DI INDONESIA BERDASARKAN INDONESIAN FAMILY LIFE SURVEY (IFLS). S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Kesehatan penduduk merupakan salah satu indikator untuk menilai perkembangan suatu negara. Kesehatan yang lebih baik dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan perkembangan negara oleh sebab itu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan merupakan salah satu solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh langsung atau tidak langsung terhadap status kesehatan masyarakat Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Analisis jalur adalah suatu metode statistika untuk menguji hubungan sebab akibat antar variabel. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu status kesehatan dan tekanan darah sebagai variabel endogen dan jenis kelamin, kebiasaan merokok, berat badan, tinggi badan, usia, pendidikan, pekerjaan, asuransi kesehatan sebagai variabel eksogen. Beberapa variabel eksogen seperti jenis kelamin dan pendidikan merupakan data kategorik sehingga variabel dummy diperkenalkan dalam analisis jalur. Sementara semua variabel endogen seperti tekanan darah dan status kesehatan diukur sebagai variabel kontinu. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh langsung dan tidak langsung dari semua variabel signifikan secara statistik. Pada model 1 variabel jenis kelamin dan berat badan memiliki hubungan yang positif secara langsung terhadap status kesehatan namun memiliki hubungan yang negatif secara tidak langsung terhadap status kesehatan. Variabel tekanan darah dan kebiasaan merokok memiliki hubungan negatif secara langsung terhadap status kesehatan. Variabel usia memiliki hubungan positif terhadap tekanan darah namum memiliki hubungan negatif terhadap status kesehatan baik secara langsung maupun tidak langsung. Hubungan positif yang besar muncul pada variabel usia dan tekanan darah. Variabel tinggi badan memiliki hubungan positif secara langsung terhadap status kesehatan. Pada model 2 variabel asuransi kesehatan, variabel dummy pendidikan SMP/Sederajat, variabel dummy pendidikan SMA/Sederajat, variable dummy pendidikan PT/Sederajat, dan pekerjaan memiliki hubungan positif secara langsung terhadap status kesehatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Jalur, IFLS, Indonesia, Kesehatan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 18 Apr 2018 01:22
Last Modified: 30 Jan 2019 16:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56501

Actions (login required)

View Item View Item