PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BRAIN-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

Latifah, Rizka Azizatul and Mahmudi, Ali (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BRAIN-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan Brain-Based Learning untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP pada materi Teorema Pythagoras. Secara spesisfik, pendekatan Brain-Based Learning dikatakan berpengaruh jika 1) terdapat keefektifan pendekatan Brain-Based Learning, 2) terdapat keunggulan pendekatan Brain-Based Learning dibanding pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretestposttest non-equivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Wates dengan sampel kelas VIIIB sebanyak 28 siswa dan VIIIF sebanyak 27 siswa. Kelas VIIIB diberi perlakuan berupa pendekatan Brain Based Learning sedangkan kelas VIIIF diberi perlakuan berupa pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu berupa soal kemampuan penalaran matematis. Data dianalisis menggunakan uji one sample t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan Brain-Based Learning efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis, 2) pendekatan Brain-Based Learning lebih unggul daripada pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan penalaran matematis. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Brain-Based Learning berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendekatan Brain-Based Learning, pendekatan saintifik, kemampuan penalaran matematis, Teorema Pythagoras.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 18 Apr 2018 01:21
Last Modified: 30 Jan 2019 16:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56500

Actions (login required)

View Item View Item