LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Dewi Maryam Azzahroh, Dewi Maryam Azzahroh (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU PLT 14108241067 DEWI MARYAM AZZAHROH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah dalam program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tujuan dari diselenggarakannya PLT adalah sebagai bentuk pelatihan langsung kepada mahasiswa untuk terjun ke instansi terkait dan mempraktikkan teori yang telah didapatkan sebelumnya pada perkuliahan. Kegiatan praktik Lapangan ini dilaksanakan selama 2 bulan. Kegiatan PLT diawali dengan observasi ke sekolah, baik pembelajaran maupun sarana dan prasarananya, kemudian melaksanakan praktik megajar, dan mengadakan program kerja dan kegiatan yang dapat menunjang fungsi sekolah. Kegiatan PLT diawali dengan observasi sekolah yang dilaksanakan pada bulan Mei 2017. Kemudian dilanjutkan dengan 2 bulan praktik di sekolah yaitu pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 17 November 2017. Kegiatan PLT terdiri atas kegiatan mengajar, yaitu 4 kali praktik mengajar terbimbing, 4 kali praktik mengajar mandiri, dan 2 kali ujian praktik mengajar. Selain itu, juga terdapat kegiatan nonmengajar antara lain : outbond, inventarisasi kelas, membuat mading sekolah, piket sekolah, perawatan mushola, membuat mural dinding perpustakaan, membuat kartu catalog dan kartu anggota perpustakaan. Praktik mengajar PLT sebanyak 10 kali dilakukan acak dari kelas I sampai dengan kelas VI. Harapannya, masing-masing mahasiswa akan memiliki bekal yang cukup berupa pengololaan kelas, penguasaan keterampilan mengajar dan penguasaan 4 kompetensi yang harus dimiliki seorang pendidik guna memasuki dunia kerja.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SD N Jlaban
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Apr 2018 03:39
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56474

Actions (login required)

View Item View Item