PENANGANAN SISWA AUTIS DI KELAS V SD INKLUSI GADINGAN KABUPATEN KULON PROGO

Juniasih, Irna (2018) PENANGANAN SISWA AUTIS DI KELAS V SD INKLUSI GADINGAN KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Irna Juniasih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanganan siswa autis di kelas V di SD Inklusi Gadingan Kabupaten Kulon Progo. Aspek yang diteliti meliputi penanganan yang dilakukan oleh guru kepada siswa autis di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas V SD N Gadingan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memberikan penanganan kepada siswa autis di kelas V sebagai berikut: 1) memberikan akomodasi pembelajaran dengan menempatkan siswa autis di barisan paling depan, membuatkan soal latihan khusus, melibatakan siswa di kegiatan kelas, serta membiarkan siswa autis sibuk menggambar saat tidak terlibat di kegiatan pembelajaran; 2) menangani perilaku autistik dengan mengajak berbincang-bincang ketika menggumam, mengingatkan ketika berbicara kotor, serta memberikan siswa autis kesempatan beristirahat ketika jenuh belajar dan memberikan reward terhadap tindakan positif siswa autis; dan 3) mengembangkan keterampilan berkomunikasi siswa autis dengan membangun komunikasi dan mengajak berinteraksi. Kata Kunci: penanganan, siswa autis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Apr 2018 02:41
Last Modified: 30 Jan 2019 16:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56456

Actions (login required)

View Item View Item