POLA KESADARAN KONSUMEN BAGI MAHASIS PKK DALAM PENERAPANNYA DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Sri, Wening (1998) POLA KESADARAN KONSUMEN BAGI MAHASIS PKK DALAM PENERAPANNYA DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI. [Experiment/Research]

[img] Text
POLA_KESADARAN.doc

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan ootuk mengetahui 1) gambaran tentang pola kesadaran konsumen dalam penerapannya di kehidupan sehan-hari bagi mahsiswa yang sudah menempuh matakuliah pendidikan konsumen, 2) trekuensi tentang pola kesadaran konsumen aktif dan pasif bagi mahasiswa yang sudah menempuh matakuliah pendidikan konsumen, 3) iTekuensitentang pola kesadaran konsumen aktif dan pasifbagi mahasiswa yang sudah menempuh dan mahasiswa yang belum menmpuh matakuliah pendidikan konsumen, 4) kemanfaat materi matakuliah pendidikan konsumen dalam memberikan bekal tentang pola kesadaran konsumen bagi mahasiswa dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari. Populasi penelitianini adalah para mahasiswa Program Studi Tata Busana PKK FPTK IKIP Yogyakarta, pada semester ganjil tahoo ajaran 1997/1998. Dalam hal ini sampel sarna dengan jumlah populasi yang terdiri dari mahasiswa semester I beIjumlah 73 orang, mahasiswa semester ill beIjumlah 33 orang, mahasiswa I semester V beIjumlah 28 orang dan mahasiswa semester VII beIjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket. Instrumen penelitian divalidasi dengan menggunakan validitas tampang. Data yang terkumpul dianalisis I secara deskriptifkuantitatifdenganmenghitungrerata, mediandan modus, serta dalam bentuk prosentase. Penelitian menyimpulkan bahwa 1) para mahasiswa Program Studi Tata Busana yang sudah menempuh matakuliah pendidikan konsumen memiliki pola I kesadarankonsumenaktif, 2) para mahasiswaProgram Studi Tata Busanayang sudah menempuh matakuliah pendidikan konsumen pola kesadaran konsumen tentang hak dan kewajiban konsumen tergolong pasif (53%), pola kesadaran konsumen tentang perlindungan konsumen tergolong pasif (51%), pola kesadaran konsumen tentang masalah label tergolong pasif (56%), pola kesadaran konsumen tentang tanda-tanda barang palsu tergolong pasif (54%), dan pola kesadaran konsumen tentang cara membeli bahan busana dan busana yang baik tergolong pasif (59%) , 3) a, para mahasiswa semester I yang belum menempuh matakuliah pendidikan konsumen, pola kesadaran konsumen tergolong pasif (56%), b) mahasiswa semester ill yang sudah menempuh matakuliah pendidikan konsumen, pola kesadaran konsumen tergolong aktif (52%), c) mahasiswa semester V yang sudah menempuh matakuliah pendidikan konsumen, pola kesadaran konsumen tergolong aktif (61%), d) mahasiswa semester VII yang sudah menempuh matakuliah pendidikan, pola kesadaran konsumen tergolong pasif(57%), 4) materi matakuliah pendidikan konsumen bermanfaat memberikan bekal pola kesadaran konsumen bagi mahasiswa dalam penerapannya dikehidupan sehari-hari.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: lembaga penelitian
Date Deposited: 13 Sep 2012 15:01
Last Modified: 13 Sep 2012 15:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5644

Actions (login required)

View Item View Item