LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

YULFIKA ARIFIN, YULFIKA ARIFIN (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
16504247015_YULFIKA ARIFIN_PEND TEKNIK OTOMOTIF.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan program dasar yang harus ditempuh oleh mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta yang tujuanya mencakup latihan mengajar maupun tugas-tugas kependidikan di luar mengajar secara terbimbing dan terpadu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan pedagogik yang profesional. Pengalaman lapangan berorientasi pada kompetisi dan diarahkan pada pembentukan kemampuan-kemampuan profesional siswa calon guru atau tenaga kependidikan yang dilaksanakan, dikelola serta ditata secara terbimbing dan terpadu, maka pelaksanaan PLT akan sangat membantu mahasiswa dalam menjajaki realita dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Sebelum pelaksanaan PLT di sekolah, terlebih dahulu diadakan kegiatan observasi lapangan (kelas). Observasi sekolah ini dilakukan sebagai tolak ukur dalam perumusan program PLT yang akan dilaksanakan, mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, mengetahui karakter siswa, serta mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Begitu pula dengan kegiatan konsultasi atau bimbingan dengan guru pembimbing dilakukan dalam rangka persiapan dalam pelaksanaan PLT. Kegiatan PLT dilaksanakan dari tanggal 15 September 2017 s/d 15 November 2017 bertempat di SMK Ma’arif I Wates yang beralamat di Jln. Puntodewo, Gadingan, Wates, Kulon Progo. Kegiatan yang dilakukan selama PLT antara lain adalah persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan media pembelajaran, melakukan praktik mengajar terbimbing dan evaluasi. Dalam pelaksanaan PLT, penulis diberikan tugas oleh guru pembimbing lapangan memberikan materi kompetensi kejuruan Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan di kelas XI TKR 1, XI TKR 2, XI TKR 3 dan XI TKR 5 dengan menerapkan Kurikulum 2013 dan jumlah total 18 jam tiap minggu. Dari kegiatan PLT ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam pengalaman dalam mengajar di kelas, baik itu kelas teori maupun kelas praktik. Dalam pelaksanaan programprogram tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Semua pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), PMKR, SMK Ma’arif I Wates
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Apr 2018 03:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56393

Actions (login required)

View Item View Item