EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN TIME TOKENS DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VII SMP

Mustofa, Anggara Ari and Tuharto, Tuharto (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN TIME TOKENS DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Time Tokens pada materi himpunan ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan sosial siswa kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Depok. Sampel dipilih secara acak dengan teknik sampling purposive. Sampel terpilih yaitu VII A sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Time Tokens dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pemahaman konsep (pretest dan post test), dan non-tes berupa observasi keterampilan sosial siswa. Metode pengujian hipotesis dengan menggunakan t-paired sample test dan independent samples t-test yang dibantu menggunakan software SPSS. Berdasarkan data yang diperoleh, gain kelas ekperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 41,60 dan 32,81. Hasil observasi keterampilan sosial pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 49,8 dengan kategori baik dan 44,6 dengan kategori baik. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa 1) model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Time Tokens efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematika, 2) model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Time Tokens efektif ditinjau dari keterampilan sosial siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, time tokens, pemahaman konsep, keterampilan sosial
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 04 Apr 2018 02:04
Last Modified: 30 Jan 2019 16:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56366

Actions (login required)

View Item View Item