Nugroho, Anjar Eko (2018) Pengembangan Modifikasi Permainan Bola Tangan untuk SD Kelas Bawah Berbasis TGfU. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-anjar eko nugroho-15711251046.pdf Restricted to Registered users only Download (34MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model modifikasi permainan bola tangan untuk siswa SD kelas bawah berbasis TGfU. Model modifikasi permainan disesuaikan dengan aspek karakteristik siswa yang dikemas melalui aktivitas fisik yang difokuskan pada gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif, serta pemahaman bermain. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Pengembangan produk model modifikasi permainan bola tangan berbasis TGFU dilakukan dalam delapan tahapan, yaitu: (1) mengumpulkan hasil riset dan informasi, (2) menganalisis terhadap produk yang akan dikembangkan, (3) mengembangkan produk awal, (4) melakukan validasi ahli, (5) melakukan uji coba skala kecil dan revisi, (6) melakukan uji coba skala besar dan revisi, (7) membuat produk final, dan (8) melakukan uji keefektifan. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas II. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 28 siswa SD N Mlati 1. Uji coba skala besar dilakukan terhadap 20 siswa SD N Sendangadi 2 dan 28 siswa SD N Panasan Sleman. Uji keefektifan dilakukan terhadap 25 siswa SD N Rejodani Ngaglik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) lembar observasi, (2) pedoman dokumentasi, dan (3) GPAI. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model model modifikasi permainan bola tangan untuk siswa SD kelas bawah berbasis TGFU yang berisikan lima permainan, yaitu: (1) Permainan bola beranting, (2) Permainan 2 lawan 2, (3) Permainan mencetak gol, (4) Permainan 4 lawan 2, dan (5) Permainan mencari lingkaran. Dari hasil penilaian para ahli dan praktisi, model permainan bola tangan memiliki validitas 0,885. Berdasarkan hasil uji keefektifan, persentase permainan bola beranting peningkatan keterampilan eksekusi sebesar 43.3%. dukungan sebesar 42.4%, penampilan bermain sebesar 53.8%. Permainan 2 lawan 2 peningkatan keterlibatan bermain sebesar 32.5%, keputusan sebesar 72.4%, penampilan bermain sebesar 56.4%, keterlibatan bermain sebesar 35.2%. Permainan mencetak gol pengambilan keputusan sebesar 73.1%, keterampilan eksekusi sebesar 52.7%, dukungan sebesar 47.7%, penampilan bermain sebesar 58.6%. Permainan 4 lawan 2 peningkatan keterlibatan bermain sebesar 32.6%. pengambilan keputusan sebesar 71.1%, keterampilan eksekusi sebesar 45.6%. dukungan sebesar 42.3%, penampilan bermain sebesar 54.1%. Permianan mencari lingkaran peningkatan keterlibatan bermain sebesar 35.9%, pengambilan keputusan sebesar 72.7%, keterampilan eksekusi sebesar 49.2%, dukungan sebesar 42.9%, penampilan bermain sebesar 56.2%. Kata Kunci: permainan, bola tangan, TGfU (Teaching Game for Understanding)
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 26 Mar 2018 02:05 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 02:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56336 |
Actions (login required)
View Item |