LAPORAN INDIVIDU MAGANG III TERINTEGRASI DENGAN MATAKULIAH PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Priska Ninda Wahyu Lestari, Priska Ninda Wahyu Lestari (2017) LAPORAN INDIVIDU MAGANG III TERINTEGRASI DENGAN MATAKULIAH PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PRISKA NINDA WAHYU LESTARI_FBS_P. B. JAWA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Magang III terintegrasi dengan mata kuliah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakartadi SMP N 3 Sentolo Kulon Progo merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh semua mahasiswa S1 kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang pelaksanaannya di lakukan di sekolah. Program PLT ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dikuasainya di sekolah. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang profesional. Dengan ini, diharapkan mahasiswa dapat memasuki dunia kependidikan yang nyata dan juga sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang telah mereka peroleh di bangku perkuliahan. Pelaksanaan program PLT UNY 2017 dimulai dari 15 September hingga 15 November 2017 di SMP Negeri 3 Sentolo. Dalam kegiatan ini, mahasiswa melaksanakan persiapan pembelajaran seperti observasi, membuat perencanaan pembelajaran, dan evaluasi. Data hasil observasi yang telah dilakukan, akan digunakan sebagai bahan dalam persiapan melaksanakan PLT di SMP Negeri 3 Sentolo khususnya mata pelajaran Bahasa Jawa untuk kelas VII A hingga VII F agar berjalan dengan lancar. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata yang berkaitan dengan perencanaan, penyusunn perangkat pembelajaran, proses pembelajaran di dalam kelas dan pengelolaannya. Mahasiswa juga dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Disamping itu, pengalaman yang berkaitan dengan proses belajar mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya mendorong mahasiswa untuk mengembangkan dirinya untuk menjadi guru yang profesional, bernilai, berkarakter, dan berpengetahuan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMP Negeri 3 Sentolo, Bahasa Jawa.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Mar 2018 02:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56325

Actions (login required)

View Item View Item