LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

‘AYNUN FITRI, ‘AYNUN FITRI (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
'AYNUN FITRI_FMIPA_P.MATEMATIKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa prodi kependidikan UNY. PLT ini memiliki bobot 3 SKS yang berupa praktik di lapangan yaitu sekolah. Sebelum mengambil mata kuliah PLT ini, mahasiswa terlebih dahulu harus menempuh mata kuliah Pembelajaran Mikro (Microtheaching) sebagai bekal mahasiswa untuk terjun di lapangan. Kegiatan PLT ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal dan mempelajari permasalahan-permasalahan yang terjadi di sekolah baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk menerapkan teori yang telah diperoleh di kampus dalam situasi yang sesungguhnya bukan hanya dalam situasi simulasi. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini dilaksanakan di SMP N 3 Sentolo pada tanggal 15 September – 15 November 2017. Program kerja PLT terdiri dari Program Kelompok, Program Individu Mengajar, Program Individu non Mengajar dan Kegiatan Insidental. Program Kelompok meliputi Penerjunan Mahasiswa PLT dan Penarikan Mahasiswa PLT. Program Individu Mengajar meliputi Persiapan, Mengajar, serta Evaluasi dan Tindak Lanjut. Sedangkan Program Individu non Mengajar meliputi Upacara Bendera Hari Senin, Upacara Bendera Hari Khusus, dan Mengikuti Kegiatan Sekolah. Kegiatan Insidental meliputi Takziah dan Menggantikan Mengajar di Kelas. Adapun hasil yang diperoleh setelah mengajar di kelas dan dilakukan ulangan harian yaitu sebanyak 19 siswa tidak tuntas yaitu 8 anak kelas VII A, 8 anak kelas VII B dan 3 anak kelas VII C. Siswa yang tidak tuntas diberikan remidi dan setelah dilakukan remidial 19 siswa tersebut telah tuntas, sehingga praktik mengajar di kelas dapat dinyatakan berhasil. Dengan adanya kegiatan PLT ini, mahasiswa mendapat pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan di sekolah baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Mahasiswa memperoleh pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Program PLT, Mahasiswa PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Mar 2018 01:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56319

Actions (login required)

View Item View Item