PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR 1 DI SLB B KARNNAMANOHARA

Yuliadini, Rahayu (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR 1 DI SLB B KARNNAMANOHARA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yuliadini Rahayu_13103241036.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada siswa tunarungu kelas dasar 1 di SLB B Karnnamanohara. Tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan media kantong bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas dasar 1 SLB B Karnnamanohara. Subjek pada penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas dasar 1 di SLB B Karnnamanohara yang terdiri dari 11 siswa, 8 laki-laki dan 3 perempuan. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi keaktifan siswa dalam pembelajaran dan aktivitas guru dalam pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi keaktifan siswa dalam pembelajaran dan aktivitas guru dalam pembelajaran. Validasi instrumen dilakukan oleh guru kelas. Teknis analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbaikan dan peningkatan hasil belajar operasi hitung penjumlahan dengan cara bersusun pada siswa tunarungu kelas dasar 1 di SLB B Karnnamanohara melalui penggunaan media kantong bilangan. Penggunaan media kantong bilangan dapat mempermudah siswa dalam memahami nilai tempat suatu bilangan. Selama proses pembelajaran siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Adapun peningkatan hasil belajar siswa dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas yang meningkat dari pratindakan, hasil tindakan siklus 1 dan siklus 2. Dan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa kelas dasar 1 di SLB B Karnnamanohara mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 77,8. Nilai ratarata siswa pada hasil tes pratindakan adalah sebesar 68,2. Nilai rata-rata siswa pada hasil tes tindakan siklus 1 adalah sebesar 76,4. Dan nilai rata-rata siswa pada hasil tindakan siklus 2 adalah sebesar 84,5.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 16 Mar 2018 07:37
Last Modified: 30 Jan 2019 16:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56234

Actions (login required)

View Item View Item