PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTUR ANALITIK SINTETIK BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS KHUSUS DI SDIT LHI BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Farah, Prihandini (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTUR ANALITIK SINTETIK BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS KHUSUS DI SDIT LHI BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Farah Prihandini_13103241058.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) bagi siswa tunagrahita ringan kelas khusus di SDIT LHI Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah kelas khusus untuk siswa tunagrahita ringan yang duduk di kelas II di SDIT LHI Banguntapan Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan proses pembelajaran membaca permulaan melalui metode SAS terkait aktivitas siswa yaitu kemampuan siswa dalam menguraikan kalimat sederhana hingga menjadi huruf dan menyusun huruf hingga menjadi kalimat sederhana. Siswa lebih aktif dan antusias mengikuti pembelajaran dengan adanya media gambar serta cerita pendek pada penerapan metode SAS. Peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor partisipasi siswa dan kinerja guru pada tindakan siklus I dan siklus II. Peningkatan hasil pengamatan partisipasi siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor pada tindakan siklus I yaitu 34, 35, dan 37 dengan kriteria baik, pada tindakan siklus II yaitu 36, 39, 41 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan hasil pengamatan kinerja guru ditunjukkan dengan peningkatan skor pada tindakan siklus I yaitu 21, 21, dan 22 dengan kriteria sangat baik, pada tindakan siklus II yaitu 22, 22, dan 23 dengan kriteria sangat baik. Kemampuan membaca permulaan pada siswa tunagrahita ringan kelas khusus di SDIT LHI Banguntapan Bantul Yogyakarta dapat meningkat melalui metode SAS. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan setelah diberi tindakan. Subjek ZF memperoleh nilai 28% pada tes sebelum tindakan, 67% pada tes sesudah tindakan siklus I, dan 73% pada tes sesudah tindakan siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 16 Mar 2018 07:28
Last Modified: 30 Jan 2019 16:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56233

Actions (login required)

View Item View Item