Linda, Ekawati (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA TENTANG ORGAN PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MEDIA GAMBAR TIMBUL PADA SISWA TUNANETRA KELAS V DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Linda Ekawati_13103241066.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA materi organ pencernaan manusia pada siswa tunanetra kelas V SLB A Yaketunis Yogyakarta menggunakan media gambar timbul organ pencernaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Model penelitian ini mengacu pada model penelitian Suharsimi Arikunto (2010:13).Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan.Setting penelitian dilakukan di ruang kelas V SLB A Yaketunis Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang siswa kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta.Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, pedoman observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penggunaan media gambar timbul dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi organ pencernaan manusia pada siswa tunanetra kelas V SLB A Yaketunis.Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai pretestdari 46 menjadi 66 dilakukan dengan tindakan mendemonstrasikan gambar timbul. Pada siklus II dilakukan perbaikan tindakan yaitu lebih interaktif dengan siswa dan menambah jumlah media gambar timbul untuk diskusi, sehingga rata-rata nilai posttest I 66 menjadi 88.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Luar Biasa FIP |
Date Deposited: | 16 Mar 2018 07:26 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56232 |
Actions (login required)
View Item |