PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU POP-UP PADA ANAK CEREBRAL PALSY KELAS IV SLB G DAYA ANANDA KALASAN

Hanum, Zulfa Afifah (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU POP-UP PADA ANAK CEREBRAL PALSY KELAS IV SLB G DAYA ANANDA KALASAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Hanum Zulfa Afifah_13103241055.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan media Buku Pop-Up dan mengetahui hasil peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media Buku Pop-Up bagi siswa cerebral palsy kelas IV SLB G Daya Ananda Kalasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SLB G Daya Ananda Kalasan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas kelas IV SLB G Daya Ananda Kalasan.Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tes kemampuan membaca permulaan dan instrumen pengamatan aktivitas siswa dan kinerja guru. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan kemampuan membaca permulaan dilakukan dalam 2 siklus, pada siklus I dilakukan tindakan sebanyak 3 kali pertemuan, dan pada siklus II pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Buku Pop-Up dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa cerebral palsy dilihat dari hasil tes sebelum tindakan, tes sesudah tindakan siklus I, dan tes sesudah tindakan siklus II yang telah mencapai KKM yang ditetapkan. Subjek DAP memperoleh skor 50 pada tes sebelum tindakan, skor 60 pada tes sesudah tindakan siklus I, dan skor 80 pada tes sesudah tindakan siklus II. Pelaksanaan tindakan dilakukan mulai dari menampilkan gambar dan kata berpola konsonan-vokal-konsonan-vokal-konsonan (KV-KVK) yang ada di dalam media Buku Pop-Up, kemudian proses dilakukan secara berulang-ulang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 16 Mar 2018 07:24
Last Modified: 30 Jan 2019 16:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56231

Actions (login required)

View Item View Item