PEMBELAJARAN BAHASA MELALUI METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR III DI SLB B KARNNAMANOHARA

Rivi, Nurul Awalin (2017) PEMBELAJARAN BAHASA MELALUI METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR III DI SLB B KARNNAMANOHARA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rivi Nurul Awalin_13103244022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran bahasa melalui Metode Maternal Reflektif (MMR) untuk anak tunarungu kelas dasar III, (2) mendeskripsikan pembelajaran bahasa melalui MMR untuk anak tunarungu kelas dasar III, (3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran bahasa melalui MMR untuk anak tunarungu kelas dasar III. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa tunarungu kelas dasar III di SLB B Karnnamanohara. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisa data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Sekolah tidak menyusun PPI (Program Pembelajaran Individual) ataupun RPI (Rencana Pembelajaran Individual) untuk setiap siswa. Guru hanya menyusun RPP (Rencana Pembelajaran Individual) yang bersifat fleksibel disesuaikan dengan MMR. (2) Kegiatan pembelajaran bahasa melalui MMR di kelas dasar III (kelas transisi) terdiri dari perdati (percakapan dari hati ke hati) dan percamsi (percakapan membaca ideovisual transisi) yang dilaksanakan pada hari berbeda dengan RPP yang berbeda pula. Setelah kegiatan perdati dilaksanakan latihan refleksi. (3) Evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi selama proses dan di akhir proses pembelajaran dengan tes tulis, tes lisan, dan observasi sebagai alat evaluasinya. Kesembilan siswa memiliki kemampuan bahasa yang berbeda-beda namun secara umum dapat dikatakan cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 16 Mar 2018 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 16:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56230

Actions (login required)

View Item View Item