LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Syaifulloh, Muh. (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU arida.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa UNY sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan masa studi sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Unversitas Negeri Yogyakarta. Pelaksanaan praktik lapangan terbimbing bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan adanya pengalaman mengajar diharapkan dapat membentuk mahasiswa calon guru yang profesional dibidangnya. Salah satu lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan PLT pada tahun 2017 ini yaitu di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Kegiatan PLT yang dilaksanakan meliputi pembelajaran kurikuler, kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan sekolah lainnya. Dalam melaksanakan kegiatan PLT, mahasiswa menggunakan metode yang tersusun secara berurutan, yang dimulai dari persiapan terdiri atas proses pengajaran Micro, pembekalan PLT dan melakukan observasi tentang kondisi sekolah serta pembelajaran di kelas. Setelah melakukan observasi, mahasiswa berkonsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan untuk membahas langkah apa yang akan ditempuh mahasiswa dalam mempersiapkan pelaksanaan praktisi mengajar sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Pelaksanaan PLT ini dilakukan dengan melaksanakan mengajar di kelas sesuai jadwal yang telah ditentukan. Mahasiswa melakukan kegiatan persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di kelas dan evaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakan. Mahasiswa mengajar mata pelajaran Kearsipan. Kelas yang diajar sebanyak 2 kelas, yakni kelas X OTKP 1 dan X OTKP 2. Pembelajaran yang dilaksanakan minimal 8 kali pertemuan namun mahasiswa telah melaksanakan pembelajaran sebanyak 14 pertemuan perkelas, tiap pertemuan terdapat 2 jam pelajaran. Jadi total jam mengajar 2 kelas sebanyak 54 jam pelajaran. Secara keseluruhan, program-program kegiatan PLT yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya masih terdapat hambatan-hambatan yang timbul namun masih dapat untuk diatasi. Hambatan tersebut yaitu: sikap siswa yang kurang tertib dan terkadang membuat gaduh, siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran, siswa minta pulang lebih awal pada jam terakhir, penempatan waktu jam pelajaran yang kurang ideal seperti waktu satu jam pelajaran diletakan di jam terakhir, dan waktu PLT yang terhalang dengan adanya Ulangan Tengah Semester dan Clash Meeting. Akan tetapi, praktikan selalu berusaha untuk mengatasi hambatan yang terjadi, sehingga kegiatan PLT dapat terlaksana dengan baik. Setiap proses yang dilalui dalam kegiatan PLT ini menjadi pembelajaran bagi mahasiswa untuk menerapkan dan mengimplementasikan keilmuan maupun pengalamannya di dunia kerja, khususnya di bidang kependidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, kependidikan, SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Mar 2018 06:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56214

Actions (login required)

View Item View Item