PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI SCIENTIFIC APPROACH BERBASIS MOBILE LEARNING GUNA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI

Lestari, Annisa Faurina and Astono, Juli (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI SCIENTIFIC APPROACH BERBASIS MOBILE LEARNING GUNA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DAN LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran pembelajaran berorientasi scientific approach berbasis mobile learning yang layak digunakan dalam pembelajaran dengan materi pokok fluida statis untuk peserta didik kelas XI, (2) mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi scientific approach berbasis mobile learning, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan peragkat pembelajaran berorientasi scientific approach berbasis mobile learning. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA N 4 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu, (1) lembar penilaian RPP dan media pembelajaran untuk mengukur kevalidan, (2) angket respon peserta didik dan lembar keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, (3) soal pretest-posttest untuk mengukur peningkatan hasil belajar, (4) lembar observasi aktivitas belajar untuk mengukur peningkatan aktivitas belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran fisika berorientasi scientific approach berbasis mobile learning layak digunakan meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan. Aspek kevalidan ditunjukan oleh hasil penilaian perangkat pembelajaran yang masuk dalam kategori baik dan sangat baik. Aspek kepraktisan ditunjukan oleh hasil angket respon peserta didik dan persentase keterlaksanaan pembelajaran yang masuk dalam kategori sangat baik. Aspek keefektifan ditunjukan oleh nilai standard gain dari masing-masing variabel penelitian. Standard gain hasil belajar menunjukan nilai 0,4 masuk dalam kategori sedang dan standard gain aktivitas belajar menunjukan nilai kurang dari 0,3 masuk dalam kategori rendah. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Scientific Approach, Mobile Learning, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:04
Last Modified: 30 Jan 2019 16:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56207

Actions (login required)

View Item View Item