PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK TUNARUNGU KELAS TK A MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK INKLUSI LITLLE TREE YOGYAKARTA

Ayu, Annisa Putri (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK TUNARUNGU KELAS TK A MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK INKLUSI LITLLE TREE YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ayu Annisa Putri_10103241030.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil peningkatan keterampilan berbicara siswa tunarungu melalui metode main peran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anak tunarungu kelas TK A di Sekolah Inklusi Little Tree Yogyakarta yang berjumlah 5 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi kemampuan berbicara dan tes kemampuan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan anak memperoleh rerata skor 55 pada pratindakan, kemudian pada siklus I anak memperoleh rerata skor 70,8, dan pada siklus II anak memperoleh rerata skor 81,4. Kemudian, pada pratindakan anak mencapai ketuntasan KKM sebesar 20%, pada siklus I ketuntasan KKM sebesar 40%, dan pada siklus II ketuntasan KKM sebesar 80%. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara anak tunarungu kelas TK A semakin meningkat dengan menggunakan meode main peran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 13 Mar 2018 09:07
Last Modified: 30 Jan 2019 16:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56190

Actions (login required)

View Item View Item