Kunut, Nazilah (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA RINGAN MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI SEKOLAH LUAR BIASA YAPENAS UNIT II SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Kunut Nazilah_12103241006.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak tunagrahita kategori ringan melalui metode bermain peran di Sekolah Luar Biasa Yapenas Unit II Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang masing-masingterdiri dari dua siklus. Siklus I dilaksanakan 3 kali pertemuan dan siklus ke II dilaksanakan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu anak tunagrahita kategori ringan kelas I di SLB Yapenas berjumlah satu anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan keterampilan sosial anak tunagrahita kategori ringan di SLB Yapenas, Sleman.Peningkatan kemampuan keterampilan sosial dapat dilihat dari hasil persentase pencapaian yang diperoleh anak pada kemampuan pra tindakan, tindakan siklus I, tindakan siklus II. Kemampuan pada pra tindakan persentase pencapaian 33% dengan kriteria kurang, sedangkan pada tindakan siklus I meningkat menjadi 53% dengan kriteria cukup. Peningkatan pada tindakan siklus I belum mengalami peningkatan yang baik, sehingga dilanjut ke siklus II. Pada siklus IIdilakukan modifikasi bermaian peran dengan bergantian bermain peran sehingga anak lebih aktif dan mudah memahami peran yang dilakukan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Luar Biasa FIP |
Date Deposited: | 13 Mar 2018 09:03 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56189 |
Actions (login required)
View Item |