LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Shinta Astrini Maghfiroh, Shinta Astrini Maghfiroh (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PLT Shinta Astrini M (Pendidikan Sosiologi).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah program universitas untuk mahasiswa kependidikan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau layanan di lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan sekaligus membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran/layanan. Kegiatan praktik lapangan ini pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah atau layanan di lembaga. Universitas Negeri Yogyakarta sebagai universitas dengan latar belakang pendidikan memiliki tugas sebagai pencetak tenaga kependidikan yang handal dan profesional untuk dunia pendidikan. Sebelum mengikuti PLT, mahasiswa mengikuti mata kuliah micro teaching sebagai awal pembelajaran untuk praktik PLT. Kegiatan PLT UNY 2017 yang berlokasi di SMA N 7 Purworejo dilaksanakan pada tanggal 15 September hingga 15 November 2017. Mata pelajaran yang diampu oleh penyusun adalah Sosiologi dengan alokasi waktu tiap minggu sebanyak 8 jam pelajaran. Penyusun melaksanakan praktek pada 2 kelas jurusan IIS, yaitu kelas XI IIS 1 dan XI IIS 2 yang masing-masing kelasnya berjumlah 32 siswa. Kegiatan belajar mengajar secara keseluruhan dilaksanakan selama 17 kali pertemuan terdiri dari 15 kali pertemuan pemberian materi dan 2 pertemuan evaluasi. Kegiatan PLT telah terlaksana dengan lancar. Kegiatan di lapangan dimulai dari persiapan PLT berupa observasi kelas, konsultasi perangkat pembelajaran dengan guru pembimbing, hingga pelaksanaan praktek mengajar di kelas. Hasil dari pelaksaan PLT yaitu mahasiwa praktikan telah menempuh proses belajar dan berlatih menjadi seorang guru baik di dalam kelas pada kegiatan belajar mengajar maupun di lingkungan sekolah dalam bersosialisasi dan mengikuti berbagai kegiatan sekolah. Kegiatan belajar mengajar di dalam kelas meliputi penyampaian materi, penggunaan media dan metode pembelajaran, pengkodisian kelas, pemahaman karakteristik peserta didik, serta penilaian peserta didik. Sedangkan kegiatan sekolah yang diikuti antara lain kegiatan Penilaian tengah semester, Bulan bahasa, Pameran seni, Bimbingan olimpiade, dan berbagai upacara peringatan hari besar nasional. Penyusun menyampaikan materi hingga evaluasi sebanyak satu bab yaitu Bab 3 tentang Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial, Peserta didik dalam proses pembelajaran dapat berpartisipasi dan bekerjasama dengan baik sehingga capaian hasil evaluasinya memuaskan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), PLT, SMA Negeri 7 Purworejo.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Mar 2018 01:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56174

Actions (login required)

View Item View Item