LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Adam Surya Darmawan, Adam Surya Darmawan (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PLT ADAM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam bidang Kependidikan, Universitas Negeri Yogyakarta menjadi salah satu Universitas pencetak guru yang profesional. Melalui program-program mata kuliah kependidikan yang dilaksanakan baik teori maupun praktik, diharapkan mampu memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada para mahasiswa tentang proses belajar mengajar. Sebelum mengikuti PLT, mahasiswa wajib menempuh dan wajib lulus dalam mata kuliah micro teaching sebagai syarat awal untuk bisa mengikuti Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Tujuan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga pendidik yang profesional. SMA Negeri 7 Purworejo yang beralamatkan di Jalan Ki Mangunsarkoro 1 Purworejo, Jawa Tengah, merupakan salah satu dari sekian banyak sekolah yang dijadikan lokasi PLT UNY pada tahun 2017. Kegiatan PLT ini dilaksanakan pada tanggal 15 September – 15 November 2017. Mata pelajaran yang diampu oleh penyusun adalah Pendidikan Sosiologi dengan alokasi waktu tiap minggu sebanyak 4 jam pelajaran. Penyusun sendiri mengampu 1 kelas, yaitu kelas XI IPS 3. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan selama 13 kali pertemuan terdiri dari 12 kali pertemuan untuk pemberian materi dan 1 kali pertemuan untuk evaluasi. Secara keseluruhan, program kerja PLT dapat terlaksana dengan baik. Diawali dari persiapan PLT berupa observasi KBM maupun non KBM, bimbingan serta konsultasi silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), metode pembelajaran, evaluasi dan lembar penilaian. Meskipun ada beberapa hambatan tetapi hal tersebut dalam tahap yang wajar sehingga dapat diatasi dengan baik. Harapannya kegiatan PLT benar-benar dapat dijadikan ajang oleh mahasiswa untuk memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), PLT, SMA Negeri 7 Purworejo
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Mar 2018 01:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56173

Actions (login required)

View Item View Item