EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PATAMA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS II DI SD NEGERI BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA

Rizky, Damarsari (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PATAMA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS II DI SD NEGERI BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rizky Damarsari_13103241029.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media PATAMA (Papan Pintar Matematika) terhadap prestasi belajar matematika pada anak berkesulitan belajar matematika kelas II di SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain penelitian yang digunakan adalah desai A-B-A2. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta yang mengalami kesulitan belajar matematika tentang pengurangan bilangan dua digit dengan teknik meminjam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan prestasi belajar matematika terkait pengurangan bilangan dua digit dengan teknik meminjam pada siswa. Hal tersebut ditunjukan pada hasil tes selama fase baseline-1, intervensi dan baseline-2. Pada fase baseline-1 anak mendapatkan skor 75 pada ketiga sesi. Pada fase intervensi, skor yang diperoleh anak selama lima sesi adalah 50, 100, 100, 100, 100. Pada fase baseline-2, skor yang diperoleh anak selama tiga sesi adalah 95, 100, 100. Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa pada fase baseline-1 te rdapat perubahan data sebesar 0%, pada fase intervensi sebesar 50%, dan pada fase baseline- 2 sebesar 5%. Hal ini juga didukung dengan tingkat data yang tumpang tindih adalah sebesar 0% pada fase baseline-1 dengan fase intervensi, dan sebesar 33,3% pada fase intervensi dengan fase baseline-2, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media PATAMA sangat efektif terhadap prestasi belajar matematika tentang pengurangan bilangan dua digit dengan teknik meminjam pada siswa berkesulitan belajar matematika kelas II di SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 09 Mar 2018 03:02
Last Modified: 30 Jan 2019 16:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56111

Actions (login required)

View Item View Item