PENGEMBANGAN TRAINER MIKROKONTROLER ARDUINO UNO R3 SISWA KELAS XI PAKET KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MA’ARIF SALAM

Tika Danti, Saraswati (2018) PENGEMBANGAN TRAINER MIKROKONTROLER ARDUINO UNO R3 SISWA KELAS XI PAKET KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MA’ARIF SALAM. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
LAPORAN SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pengembangan trainer Arduino Uno dilakukan agar pembelajaran dapat menyesuaikan perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang, mengetahui unjuk kerja, dan mengetahui tingkat kelayakan trainer Arduino Uno R3 untuk siswa kelas XI paket keahlian Teknik Audio Video di SMK Ma’arif Salam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and development) dengan model pengembangan ADDIE yang tahapnya meliputi analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Objek penelitian ini yaitu trainer dan modul pembelajaran Arduino Uno R3. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket. Validasi melibatkan dua ahli materi dan tiga ahli media, lalu uji coba pemakaian dilakukan oleh 30 siswa. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa trainer Arduino Uno R3 yang terdiri dari sebuah papan Arduino Uno R3, tiga jenis input dan tujuh jenis ouput. Hasil penilaian trainer mendapatkan skor persentase sebesar 89,45 % dengan kategori sangat layak. Hasil penelitian selain trainer yaitu modul pembelajaran yang terdiri dari sembilan Bab, hasil penilaiannya mendapatkan skor persentase sebesar 89,45 % dengan kategori sangat layak. Kemudian hasil uji coba pemakaian oleh siswa mendapatkan skor persentase sebesar 76,93 % dengan kategori sangat layak. Hasil penelitian memiliki kekurangan pada tata letak trainer, keterbatasan metode pada modul pembelajaran, dan belum adanya jobsheet praktikum. Sedangkan kelebihannya yaitu trainer sudah memiliki input/output cukup banyak dan aman untuk digunakan. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli media, ahli materi dan uji coba pemakaian oleh siswa maka dapat disimpulkan bahwa trainer dan modul pembelajaran Arduino Uno R3 sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, trainer, Arduino Uno R3
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Mar 2018 03:47
Last Modified: 30 Jan 2019 16:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56090

Actions (login required)

View Item View Item