LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PLT)

Dinda Rahmawati, Dinda Rahmawati (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14108241022_DINDA RAHMAWATI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PLT) merupakan kuliah intrakurikuler yang harus ditempuh oleh semua mahasiswa program strata-1 (S1). PLT mempunyai kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. PLT diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Tujuan PLT adalah memberikan pengalaman kapada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Selain itu PLT juga memiliki manfaat lain bagi mahasiswa yaitu untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisiplin ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Pelaksanaan program-program PLT ini berlangsung selama 2 bulan, sejak 15 September sampai dengan 15 November 2017. Adapun program yang telah terlaksana adalah program praktik mengajar, meliputi praktik pembelajaran terbimbing, mandiri dan ujian praktik PLT. Kegiatan praktik mengajar telah dilakukan di kelas 1C, 2A, 2C, 3A, 3B, 4A, 4B, 5B, dan 5C. Mata pelajaran yang diajarkan merupakan dalam bentuk tema sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013 yaitu thematic integratif. Tema yang diajarkan penulis berisi muatan materi matematika, bahasa Indonesia, IPA, IPS, PPKn serta PJOK. Selain melakukan praktek mengajar, penulis juga telah menyelesaikan kegiatan non-mengajar yang menjadi program kerja kelompok yaitu sloganisasi, tangganisasi, pembenahan alat ibadah di musholla, peringatan HUT Kota Yogyakarta, peringatan HUT PGRI, pembiasaan literasi siswa, pembiasaan menyanyikan lagu Indonesia Raya, membantu penulisan administrasi perpustakaan, pendampingan ekstrakulikuler (tari, pramuka, polisi cilik), kegiatan 3S (Senyum, Salam, Sapa) dan kegiatan Environment Heroes yang diisi dengan kegiatan membagikan bibit buah sirsak untuk ikut ambil bagian dalam penghijauan kawasan Kota Yogyakarta. Selain itu, penulis juga telah melaksanakan kegiatan yang bersifat insidental meliputi mengajar insidental di kelas 1A, 3C dan 4B, membantu guru membuat soal Penilaian Akhir Semester (PAS), mengoreksi serta menginput nilai hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) siswa dan menjenguk pustakawan SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta yang terkena musibah kecelakaan. Semua program yang telah direncanakan maupun program insidental telah terlaksana dengan baik. Dengan terlaksananya program-program tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi SD N Kotagede 1 maupun bagi penulis untuk lebih baik dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Praktik Mengajar, SD N Kotagede 1
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Mar 2018 05:39
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56077

Actions (login required)

View Item View Item