Laporan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT)

Neneng Masnah, Neneng Masnah (2017) Laporan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Neneng Masnah 14202241080 PBI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik dan tenaga kependidikan. Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jenjang S-1 kependidikan, termasuk Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan yang akan menjalani profesi sebagai pendidik dalam rangka mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Oleh karena itu, mahasiswa dapat merasakan atmosfer dunia kependidikan secara langsung yang dilaksanakan di SMP N 10 Magelang yang berlangsung selama kurang lebih 2 bulan yaitu sejak tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017 selama 6 hari jam kerja. Kegiatan ini dilakukan sebanyak 12 mahasiswa dari Universitas Negeri Yogykarta (UNY) yang mana berasal dari jurusan yang berbeda-beda yaitu Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA Terpadu, Pendidikan IPS Terpadu, Pendidikan Seni Musik, Pendidikan Bahasa Jawa, dan Pendidikan Bahasa Inggris.Kegiatan ini mencakup praktik mengajar dan praktik manajemen administrasi sekolah yang diselenggrakan oleh pihak SMP N 10 Magelang. Praktik mengajar di kelas dengan jumlah mengajar minimal 8 kali pertemuan telah dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan. Dalam pelaksanaanya mahasiswa PLT bekerja sama (team teaching) untuk terjun dalam proses pembelajaran di kelas 8A, 8B, 8D, dan 8E. Adapun hasil yang dicapai selama PLT mahasiswa mendapat banyak sekali pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan hal manajerial sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar. Tidak terdapat kendala yang begitu berarti selama kegiatan PLT berlangsung. Dengan adanya PLT, mahasiswa dapat merasakan secara langsung bagaimana menjadi guru dan menghadapi kondisi dan situasi yanga ada. Mahasiswa juga berhadapan langsung dengan siswa dengan segala bentuk problematika yang dihadapinya. Dapat dikatakan, proses PLT mahasiswa UNY di SMP N 10 Magelang berjalan dengan sangat lancar. Kegiatan PLT ini memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa. Aplikasi ilmu selama di kampus benar-benar diterapkan saat PLT berlangsung. Miskonsepsi yang dahulu diterima waktu mahasiswa berada di bangku kuliah dapat segera diperbaiki karena sudah memahami kendala dan solusinya di lapangan secara nyata. Mahasiswa juga belajar tentang pengelolaan sekolah beserta kultur sekolah secara sosial maupun profesional. Hal yang penting dari PLT ini adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga dan juga hubungan kekeluargaan dengan peserta didik dan masyarakat sekolah. Adanya laporan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: UNY, PLT, SMP N 10 Magelang
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Mar 2018 08:30
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56042

Actions (login required)

View Item View Item