LAPORAN PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Kusnul Khotimah, Kusnul Khotimah (2017) LAPORAN PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14205241065 - Kusnul Khotimah.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta memiliki kewajiban untuk menempuh mata kuliah wajib yang sesuai dengan kurikulum yang dicanangkan. Ada beberapa mata kuliah wajib yang harus ditempuh, salah satunya adalah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Tujuan dari PLT diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana pembentukan tenaga kependidikan professional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang siap dalam memasuki dunia pendidikan. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PLT pada Semester Khusus Tahun 2017 ini adalah di SMP Negeri 1 Salam yang beralamat di Desa Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Program PLT ini dilaksanakan pada tanggal 15 September s.d. 15 Nopember 2017, dengan waktu kurang lebih dua bulan setara dengan 3 sks. Bidang keahlian yang diampu adalah mata pelajaran Pendidikan Bahasa Jawa. Kegiatan PLT praktikan adalah mengajar kelas VII dan kelas VIII. Dalam program PLT ini praktikan mengampu empat kelas, yaitu kelas VII B dan VII C serta kelas VIII C dan VIII F. Setiap minggunya masing-masing kelas mendapat pelajaran Bahasa Jawa satu kali pertemuan, dan setiap satu jam pertemuan menghabiskan 40 menit. Oleh karena itu, penyusun dapat mengajar selama 24 jam setiap minggunya. Selain kegiatan mengajar, terdapat beberapa program kerja lain seperti pengenalan lingkungan sekolah, pendampingan ekstrakurikuler, upacara rutin hari senin dan harihari besar, budaya 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun) dan lain sebagainya. Pelaksanaan Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengajar. Hal ini bermanfaat bagi mahasiswa untuk menjadi guru yang profesional. Selain itu, pelaksanaan PLT dapat memberikan gambaran yang tepat tentang sejauh mana kemampuan dan ketrampilan mahasiswa dalam melaksanakan proses mengajar sehingga dapat mengembangkan ketrampilan dan kemampuannya menjadi lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan (PLT), SMP Negeri 1 Salam,dan Siswa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Mar 2018 02:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56001

Actions (login required)

View Item View Item