PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PLAYDOUGH PADA ANAK AUTIS KELAS IV DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA

Sindy, Agustina (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PLAYDOUGH PADA ANAK AUTIS KELAS IV DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sindy Agustina_13103241019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan motorik halus anak autis kelas IV melalui pembelajaran motorik dengan menggunakan media playdough di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dengan memberikan tindakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa autis kelas IV usia 11 tahun yang berjenis kelamin laki-laki dan memiliki kemampuan motorik halus yang belum optimal. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja serta observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran motorik dengan menggunakan media playdough dapat meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan motorik halus. Peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan dengan hasil observasi pada partisipasi siswa yang terdiri dari kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran, keaktifan siswa, kepatuhan siswa dalam melaksanakan perintah guru, konsentrasi belajar dalam mengikuti pembelajaran, dan ketertarikan siswa meningkat sebesar 16,9 %. Selain itu ditunjukkan dengan kinerja guru yang terdiri dari kemampuan guru untuk mengkondisikan siswa, kemampuan memberikan bimbingan, kemampuan menggunakan media dan metode pembelajaran, kemampuan dalam memberikan perintah dan motivasi yang mengalami peningkatan. Kinerja guru meningkat 11,8 %. Kemampuan motorik halus yang terdiri dari kemampuan menggunakan alat, menjimpit, menempel, memotong dan menggunting, membentuk, meremas, memilin dan menebalkan meningkat sebesar 29,5%. Peningkatan diperoleh dengan cara (1) memberikan pembimbingan yang lebih intens pada setiap aspek yang dilatihkan, (2) memotivasi siswa agar aktif mengikuti pembelajaran dengan memberikan reward yang disukai oleh siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 06 Mar 2018 08:50
Last Modified: 30 Jan 2019 16:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55980

Actions (login required)

View Item View Item