PENERAPAN METODE VISUAL PHONIC DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ANAK TUNARUNGU DI RUMAH KATA

Swasti, Wijayani (2017) PENERAPAN METODE VISUAL PHONIC DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ANAK TUNARUNGU DI RUMAH KATA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Swasti Wijayani_10103244035.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih mendalam mengenai penerapan metode visual phonic terhadap pembelajaran bahasa pada anak tunarungu di Rumah Kata yang mencakup pembelajaran bahasa pada penguasaan fonetik serta keterampilan bahasa menyimak, membaca, menulis, dan berbicara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari pendiri dan guru di Rumah Kata serta 5 anak tunarungu yang dipilih berdasarkan pertimbangan yang mendukung dicapainya tujuan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dibuktikan dengan member check dan triangulasi data. Teknik analisanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode visual phonic di Rumah Kata 1) dilakukan secara terpadu, 2) dimulai dari materi yang paling mudah dan hampir sama di setiap karakteristik anak, yaitu dari bunyi vokoid, bunyi kontoid, dilanjutkan suku kata dan materi lainnya, 3) metode visual phonic digunakan untuk membantu anak dalam membentuk ujaran bunyi bahasa, 4) metode visual phonic bukan metode tunggal yang digunakan dalam pembelajaran bahasa di Rumah Kata.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 06 Mar 2018 08:42
Last Modified: 30 Jan 2019 16:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55978

Actions (login required)

View Item View Item