EFEKTIVITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PENGENALAN FUNGSI ANGGOTA TUBUH PADA ANAK AUTIS KELAS 2 SLB FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA

Haifa, Chairunnisa Widyananda (2017) EFEKTIVITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PENGENALAN FUNGSI ANGGOTA TUBUH PADA ANAK AUTIS KELAS 2 SLB FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Haifa Chairunnisa Widyananda_10103244029.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas multimedia interaktif untuk pengenalan fungsi anggota tubuh pada anak autis kelas 2 SLB Fajar Nugraha Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Single Subject Research (SSR) pola A-B-A. Pengukuran pada penelitian ini dilakukan beberapa tahap yaitu tahap baseline-1 sebanyak tiga kali, intervensi sebanyak enam kali, dan baseline-2 sebanyak tiga kali. Subjek adalah seorang siswa autis kelas 2 SLB Fajar Nugraha Yogyakarta berinisial GDG. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes prestasi belajar, metode observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah scoring dan dipresentasikan dengan grafik garis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif efektif untuk pengenalan fungsi anggota tubuh pada anak autis kelas 2 di SLB Fajar Nugraha Yogyakarta. Keefektivan tersebut dapat dilihat dari hasil analisis data dengan panjang kondisi (A) = 3. (B) = 6, (A’) = 3. Kecenderungan arah pada skor yang diperoleh siswa A (+), B (+), dan A’ (=). Kecenderungan stabilitas data, jejak data, serta level dan stabilitas rentang untuk A stabil, B stabil, dan A’ stabil. Perubahan level A (+11,1), B (+16,6), dan A’ (0). Hasil analisis data menunjukkan frekuensi kesalahan siswa menurun dan skor yang meningkat dalam mengerjakan tes prestasi belajar terkait materi pengenalan fungsi anggota tubuh.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 06 Mar 2018 08:38
Last Modified: 30 Jan 2019 16:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55977

Actions (login required)

View Item View Item