PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA KELAS 1 SD NEGERI 1 LEMPUYANGAN YOGYAKARTA

Puspita, Mayang Wulan (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA KELAS 1 SD NEGERI 1 LEMPUYANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Puspita Mayang Wulan_10103241001.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan belajar membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan subyek tunggal atau yang sering disebut sebagai single subject research (SSR). Subyek penelitian ini adalah seorang siswa yang duduk di kelas 1 SD N 1 Lempuyangan, yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi kesalahan membaca yang dilakukan oleh subyek, serta tes kemampuan membaca permulaan. Hasil penelitian pada fase baseline menunjukkan data capaian skor yang stabil (100%) dengan rerata 75 dan rentang data (70-80), sedangkan hasil pada fase intervensi menunjukkan data capaian skor yang stabil (100%) dengan rerata 90 dan rentang data (85-95). Persentase overlap pada fase baseline dan fase intervensi sebesar 0%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan belajar membaca.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 06 Mar 2018 08:33
Last Modified: 30 Jan 2019 16:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55976

Actions (login required)

View Item View Item