PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAKAI SEPATU BERTALI MELALUI ANALISIS TUGAS PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS VIII DI SLB YAPENAS CONDONGCATUR

Amira, Nur Khairunnisa (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAKAI SEPATU BERTALI MELALUI ANALISIS TUGAS PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS VIII DI SLB YAPENAS CONDONGCATUR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Amira Nur Khairunnisa_13103241013.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui proses pembelajaran bina diri memakai sepatu bertali melalui analisis tugas pada anak tunagrahita sedang kelas VIII di SLB Yapenas, (2)mengetahui bahwa kemampuan memakai sepatu bertali pada anak tunagrahita sedang kelas VIII di SLB Yapenas Condongcatur dapat meningkat melalui analisis tugas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian dari Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah kelas VIII di SLB Yapenas sebanyak 3 orang siswa tunagrahita sedang. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran bina diri memakai sepatu bertali, yaitu menyebutkan bagian-bagian sepatu bertali, memasukkan tali sepatu ke dalam lubang sepatu paling depan, menyamakan panjang tali sepatu, memasukkan tali sepatu ke dalam lubang sepatu secara menyilang dan berurutan dari lubang sepatu paling depan hingga lubang sepatu terakhir, memasukkan kaki kanan ke sepatu sebelah kanan, memasukkan kaki kiri ke sepatu sebelah kiri, membuat simpul dasar, dan membuat simpul akhir. Dalam proses pembelajaran disertai reinforcement pada keberhasilan subjek setiap tahapnya. Peningkatan data hasil observasi partisipasi siswa yaitu sebesar 13,76% dari skor rata-rata siklus I 79,57% dan skor rata-rata siklus II 93,33%. Sedangkan peningkatan skor hasil observasi kinerja guru yaitu sebesar 16,67% dari skor rata-rata siklus I 77,08% dan dari skor rata-rata siklus II 93,75%. (2) Kemampuan memakai sepatu bertali pada anak tunagrahita sedang kelas VIII di SLB Yapenas Condongcatur dapat meningkat melalui analisis tugas. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan setelah diberikan tindakan. Subjek A meningkat sebesar 34,375% dari nilai pasca tindakan siklus II yaitu 84,375 dan nilai pra tindakan yaitu 50. Subjek Smeningkat sebesar 37,5% dari nilai pasca tindakan siklus II yaitu 96,875 dan nilai pra tindakan yaitu 59,375. Subjek Dmeningkat sebesar 34,375% dari nilai pasca tindakan siklus II yaitu 96,875 dan nilai pra tindakan yaitu 62,5.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 06 Mar 2018 08:28
Last Modified: 30 Jan 2019 16:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55974

Actions (login required)

View Item View Item