UPAYA PENURUNAN PERILAKU HIPERAKTIF PADA ANAK TUNARUNGU MELALUI PERMAINAN MEMASUKKAN PENSIL KE DALAM BOTOL DI KELAS TKLB SLB ISLAM QOTHRUNNADA

Linda, Romawati (2017) UPAYA PENURUNAN PERILAKU HIPERAKTIF PADA ANAK TUNARUNGU MELALUI PERMAINAN MEMASUKKAN PENSIL KE DALAM BOTOL DI KELAS TKLB SLB ISLAM QOTHRUNNADA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Linda Romawati_13103241061.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan perilaku hiperaktif melalui permainan memasukkan pensil ke dalam botol pada anak tunarungu kelas TKLB SLB Islam Qothrunnada. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan 2 siklus, siklus I lima kali pertemuan dan siklus II empat kali pertemuan. Subyek penelitiannya adalah siswa tunarungu kelas TK berjumlah 1 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunaan teknik penurunan perilaku melalui permainan memasukkan pensil ke dalam botol dapat mengurangi frekuensi perilaku hiperaktif pada anak tunarungu kelas TKLB di SLB Islam Qothrunnada. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari hasil observasi sebelum tindakan dan setelah tindakan. Adapun proses modifikasinya sebagai berikut: 1) guru mempersiapkan perlengkapan yang digunakan untuk bermain dan memberi penjelasan cara bermain, 2) anak yang ditunjuk guru maju ke depan, 3) guru melilitkan tali yang sudah digantungi pensil ke pinggang anak, 4) guru memberi aba-aba setelah anak siap: SATU…, DUA…, TIGA, 5) Anak-anak berlari dan mencoba memasukkan pensil ke dalam botol, 6) anak yang terlebih dahulu memasukkan pensil ke dalam botol dan kembali lagi ke tempat semula, itulah yang menang, 7) guru melakukan evaluasi terhadap proses dan hasil modifikasi. Adapun tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini, meliputi: (1) pemberian reward, (2) penundaan kesenangan sebagai p unishment, (3) mengacuhkan anak sebagai tindakan extincion, (4) melakukan tindakan peneladanan. Pengurangan frekuensi perilaku hiperaktif pada anak tunarungu dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I yaitu subyek IM dari nilai pratindakan sebesar 4 (33%) meningkat menjadi 6 (50%), dan pada siklus II meningkat menjadi 11 (75%). Oleh karena itu, permainan memasukkan pensil ke dalam botol dapat menurunkan perilaku hiperaktif pada anak tunarungu kelas TKLB.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 06 Mar 2018 07:47
Last Modified: 30 Jan 2019 16:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55968

Actions (login required)

View Item View Item