KESULITAN MATEMATIKA SISWA SLOW LEARNER KELAS IV DI SD NEGERI BATUR 1 SEMARANG

Nika, Rakhmawati (2017) KESULITAN MATEMATIKA SISWA SLOW LEARNER KELAS IV DI SD NEGERI BATUR 1 SEMARANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nika Rakhmawati_13103244003.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri Batur 1, Semarang, Jawa Tengah terdapat siswa slow learner yang mengalami kesulitan belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih mendalam kesulitan dalam belajar matematika yang dialami siswa slow learner, faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar dan rekomendasi pemecahan masalah untuk mengatasi kesulitan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah satu siswa slow learner laki-laki berusia 14 tahun. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas dan juga wali murid. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini mengunakan model Miles and Huberman. Uji keabsahan data diperoleh melalui uji credibility dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek mengalami kesulitan belajar dan belum menguasai indikator ketercapaian kompetensi dasar pada aspek bilangan. Kesulitan pada perhitungan matematika dan pemecahan masalah soal cerita matematika yakni kelemahan pemahaman fakta bilangan yaitu identifikasi digit dan nilai tempat, penggunaan konsep aritmatika penaksiran dan pembagian, penggunaan prinsip-pinsip mencakup sifat operasi hitung komutatif, assosiatif dan distributive, kesulitan pada prosedur mencakup kesulitan penggunaan nilai tempat dan perhitungan perkalian dua digit dikali dua digit serta pembagian tiga digit dibagi satu digit, sedangkan pada area soal cerita adalah ketidakmampuan membaca. Kesulitan belajar SA dipengaruhi oleh faktor internal meliputi: kemampuan penalaran yang rendah, sikap belajar, kebiasaan belajar dan motivasi belajar rendah. Faktor eksternal meliputi: kurikulum, sarana prasarana, pembelajaran kurang bervariasi, lingkungan sekolah yang kurang kondusif dan lingkungan keluarga yang kurang memberikan pengalaman belajar. Rekomendasi pemecahan masalah pada siswa berkesulitan belajar matematika yang berasal dari dalam diri siswa dilakukan dengan menciptakan conditional, kesulitan yang berasal dari sistem pembelajaran dengan melakukan remedial teaching dan mengunakan metode yang bervariatif sedangkan kesulitan yang berasal dari luar diri siswa perlu penyesuaian dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 06 Mar 2018 07:40
Last Modified: 30 Jan 2019 16:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55964

Actions (login required)

View Item View Item