AHLU NASATAMA, AHLU NASATAMA (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
AHLU NASATAMA 14416241065.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta memiliki kewajiban untuk menempuh mata kuliah wajib yang sesuai dengan kurikulum yang dicanangkan. Ada beberapa mata kuliah wajib yang harus ditempuh, salah satunya adalah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Praktik Lapangan Terbimbing merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti untuk memperoleh gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Lapangan Terbimbing diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana pembentukan tenaga kependidikan profesional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang siap dalam memasuki dunia pendidikan. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PLT pada semester khusus tahun 2017 ini adalah di SMP Negeri 2 Muntilan yang bertempat di Jalan Wates, Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Program PLT ini dilaksanakan pada tanggal 15 September s.d. 15 November 2017. Mata pelajaran yang diampu adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII. Dalam program PLT ini penyusun mengampu semua kelas VIII yang berada di SMP Negeri 2 Muntilan yaitu terdiri dari kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, VIII F. Setiap minggunya masing-masing kelas bertemu dengan pelajaran IPS sebanyak dua kali, sedangkan setiap satu jam pertemuan menghabiskan 40 menit. Oleh karena itu, penyusun dapat mengajar selama 24 jam setiap minggunya. Selain kegiatan mengajar, terdapat beberapa program kerja seperti Pengenalan Lingkungan Sekolah, pendampingan kegiatan Pramuka, mengikuti upacara setiap hari senin dan Hari-hari Besar , pendampingan ekstrakurikuler, budaya 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun) dan lain sebagainya. Selama dua bulan pelaksanaan Praktik lapangan Terbimbing (PLT) memberikan mahasiswa pengalaman dalam mengajar. Hal ini bermanfaat bagi mahasiswa untuk kemudian dapat menjadi guru yang profesional. Selain itu, pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dapat memberikan gambaran yang tepat tentang sejauh mana kemampuan dan ketrampilan mahasiswa dalam melaksanakan proses mengajar sehingga dapat mengembangkan ketrampilan dan kemampuannya menjadi lebih baik.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Lapangan (PLT), SMP Negeri 2 Muntilan, dan Siswa |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 06 Mar 2018 07:02 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55957 |
Actions (login required)
View Item |