Pengembangan Modul E-Marketing bagi Guru dalam Pembelajaran Kewirausahaan Peserta Didik Tunagrahita Ringan Tingkat SMA.

Hulfah, Hulfah (2018) Pengembangan Modul E-Marketing bagi Guru dalam Pembelajaran Kewirausahaan Peserta Didik Tunagrahita Ringan Tingkat SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hulfah-15729251010.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi kebutuhan dalam proses pengembangan modul e-marketing bagi guru, 2) menghasilkan modul e-marketing yang layak digunakan, 3) mengetahui keefektifan modul yang dihasilkan terhadap pengetahuan dan keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran e- marketing. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan Borg and Gall. Desain pengembangan tersebut dibatasi sampai pada 7 tahap kegiatan, yakni: studi kebutuhan, perancangan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan tahap awal, revisi, uji coba lapangan utama, dan penyempurnaan produk. Kelayakan modul divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Subjek penelitian berjumlah 31 guru SLB yang diambil dari 6 sekolah dan 24 peserta didik tunagrahita ringan tingkat SMA yang diambil dari 3 sekolah. Desain uji efektifitas yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, angket, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengembangan modul e- marketing bagi guru disesuaikan dengan kebutuhan materi dan tampilan. Guru membutuhkan modul yang memuat materi tentang langkah-langkah pembelajaran e-marketing yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan belajar peserta didik tunagrahita ringan, langkah-langkah pengoperasian aplikasi yang digunakan untuk e-marketing dan materi tentang strategi pemasaran online/e-marketing. Kebutuhan akan tampilan modul meliputi kebutuhan dalam pemilihan warna, gambar/ilustrasi yang sesuai dan tata letak yang tidak monoton sehingga menimbulkan minat baca dan mengurangi rasa bosan ketika membaca. Modul e- marketing yang dihasilkan layak digunakan guru karena menggunakan bahasa yang mudah dipahami, ilustrasi yang mendukung penjelasan materi, dan materi yang disusun telah disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan belajar peserta didik tunagrahita ringan tingkat SMA. Kelayakan modul juga didukung dengan skor yang diperoleh dari uji validasi dan uji coba lapangan. Validasi ahli materi mendapatkan skor 3,87 (kategori baik), dan validasi ahli media mendapatkan skor 4,26 (kategori sangat baik); uji coba lapangan tahap awal mendapatkan skor 3,87 (kategori baik), dan pada uji coba lapangan utama mendapatkan skor 4,35 (kategori sangat baik). Terdapat perbedaan yang positif terhadap pengetahuan dan keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran e-marketing setelah menggunakan modul e-marketing. perbedaan tersebut menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran e-marketing bagi peserta didik tunagrahita ringan tingkat SMA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-marketing, modul guru, pembelajaran kewirausahaan, tunagrahita ringan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Mar 2018 05:24
Last Modified: 09 May 2019 08:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55885

Actions (login required)

View Item View Item