ANALISIS KESESUAIAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM RPP BIOLOGI SMA NEGERI KELAS X KURIKULUM 2013 DAN IMPLEMENTASINNYA DITINJAU DARI LAMA MENGAJAR GURU

Susanti, Amalia (2017) ANALISIS KESESUAIAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM RPP BIOLOGI SMA NEGERI KELAS X KURIKULUM 2013 DAN IMPLEMENTASINNYA DITINJAU DARI LAMA MENGAJAR GURU. S1 thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui kesesuaian pengembangan keterampilan proses sains yang termuat didalam RPP Biologi SMA Negeri kelas X Kurikulum 2013 dengan implementasinya, (2) mengetahui keterkaitan antara lama mengajar guru dengan pengembangan keterampilan proses sains dalam RPP Biologi SMA Negeri kelas X Kurikulum 2013 dan implementasinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain analisis isi. Pengambilan sampel RPP dan rekaman audio dilakukan di 7 SMA Negeri yang telah menerapkan kurikulum 2013 di DIY. Sampel RPP dan rekaman audio diambil dengan teknik purposive sampling, yakni merupakan RPP yang dibuat sendiri oleh guru dan memiliki kesamaan topik pada masing-masing guru. Kesesuaian pengembangan KPS dianalisis oleh 3 panelis menggunakan instrumen lembar observasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan uji kecocokan antar panelis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kesesuaian pengembangan keterampilan proses sains yang dikembangkan oleh guru dalam RPP dan implementasinya memiliki persentase 76,25% yang termasuk kedalam kategori sangat baik (76%-100%), (2) Tidak terdapat keterkaitan antara lama mengajar guru dengan kesesuaian pengembangan keterampilan proses sains dalam RPP dan implementasinya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains, Lama Mengajar Guru, RPP
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 06 Mar 2018 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 16:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55847

Actions (login required)

View Item View Item