KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN FISIKA SMA TERINTEGRASI PENDIDIKAN KEBENCANAAN GEMPA BUMI DITINJAU DARI PENGUASAAN MATERI DAN KESIAPSIAGAAN BENCANA ALAM

Trisnawati, Tita and Jumadi, Jumadi (2018) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN FISIKA SMA TERINTEGRASI PENDIDIKAN KEBENCANAAN GEMPA BUMI DITINJAU DARI PENGUASAAN MATERI DAN KESIAPSIAGAAN BENCANA ALAM. S1 thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
Text
12. Skripsi.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui adanya perbedaan penguasaan materi fisika gelombang antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan gempa bumi dan pembelajaran fisika konvensional, (2) mengetahui pembelajaran yang lebih efektif antara pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan gempa bumi dibandingkan dengan pembelajaran fisika konvensional ditinjau dari penguasaan materi fisika gelombang peserta didik, (3) mengetahui adanya perbedaan kesiapsiagaan bencana alam aspek pengetahuan, perencanaan, peringatan, dan mobilisasi sumber daya antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan gempa bumi dan pembelajaran fisika konvensional, dan (4) mengetahui pembelajaran yang lebih efektif antara pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan gempa bumi dibandingkan dengan pembelajaran fisika konvensional ditinjau dari kesiapsiagaan aspek pengetahuan, perencanaan, peringatan, dan mobilisasi sumber daya bencana alam peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain control group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Kretek tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling jenuh. Instrumen pengumpul data yaitu angket kesiapsiagaan, soal tes, lembar observasi simulasi kesiapsiagaan, dan lembar observasi keterlaksaan RPP. Data dianalisis berdasarkan standard gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan penguasaan materi fisika gelombang antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan gempa bumi dan pembelajaran fisika konvensional, (2) Pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan gempa bumi lebih efektif daripada pembelajaran fisika konvensional ditinjau dari penguasaan materi fisika gelombang peserta didik, (3) Ada perbedaan kesiapsiagaan bencana alam aspek pengetahuan dan mobilisasi sumber daya antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan gempa bumi dan pembelajaran fisika konvensional, (4) Pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan gempa bumi lebih efektif daripada pembelajaran fisika konvensional ditinjau dari kesiapsiagaan bencana alam aspek pengetahuan dan mobilisasi sumber daya peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Integrasi pendidikan kebencanaan gempa bumi, penguasaan materi, kesiapsiagaan bencana alam
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 06 Mar 2018 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 16:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55824

Actions (login required)

View Item View Item