Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Saintifik melalui Metode Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Inferensi Siswa Kelas V SD

Hidayatunnisa, Nurul (2017) Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Saintifik melalui Metode Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Inferensi Siswa Kelas V SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurul-hidayatunnisa-15712251031.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bahan ajar buku cerita bergambar berbasis pendekatan saintifik melalui metode inquiry yang memenuhi kriteria kelayakan; dan (2) mengetahui keefektifan buku cerita bergambar berbasis pendekatan saintifik melalui metode inquiry untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan inferensi siswa kelas V SD. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi langkah pengembangan Borg & Gall, meliputi (1) penelitian awal dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) uji coba awal; (5) revisi uji coba awal; (6) uji coba utama; (7) revisi uji coba utama; (8) uji operasional; (9) revisi produk akhir; (10) diseminasi dan implementasi. Subjek uji coba awal adalah 6 siswa kelas V SD Negeri Serayu. Subjek uji coba utama adalah dua belas siswa kelas V SD Joannes Bosco. Subjek uji coba operasional pada kelas eksperimen sebanyak 24 siswa kelas V SD Negeri Serayu dan 21 siswa kelas V SD Joannes Bosco. Subjek uji operasional pada kelas kontrol sebanyak 30 siswa kelas V SD Muhammadiyah Gendeng. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian produk buku cerita bergambar, angket respon guru, angket respon siswa, tes kemampuan pemahaman konsep, dan tes keterampilan inferensi. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah: (1) bahan ajar buku cerita bergambar berbasis pendekatan saintifik melalui metode inquiry yang memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan ahli materi dan ahli bahasa serta respon guru dan siswa dengan kategori sangat layak; dan (2) bahan ajar buku cerita bergambar berbasis pendekatan saintifik melalui metode inquiry efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan inferensi siswa. Kemampuan pemahaman konsep meningkat secara signifikan berdasarkan uji t pada taraf signifikansi 0,05 (sig. (2 tailed) = 0,000 < α = 0,05). Keterampilan inferensi meningkat secara signifikan berdasarkan uji t pada taraf signifikaan 0,05 (sig. (2 tailed) = 0,00 < α = 0,05). Kata Kunci: buku cerita bergambar, pendekatan saintifik, metode inquiry, kemampuan pemahaman konsep, keterampilan inferensi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Feb 2018 02:22
Last Modified: 09 May 2019 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55818

Actions (login required)

View Item View Item